Link Twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW, Kapan Diperingati dan Bagaiama Sejarah Singkat Dasar Peringatan

- 7 Oktober 2022, 12:15 WIB
Ilustrasi link twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW, hari kelahiran Nabi Muhammad kapan diperingati dan bagaiaman sejarah singkat dasar peringatan.
Ilustrasi link twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW, hari kelahiran Nabi Muhammad kapan diperingati dan bagaiaman sejarah singkat dasar peringatan. /Freepik.com/freepik

BERITA DIY - Berikut link twibbon Maulid Nabi Muhammad SAW, kapan diperingati dan bagaimana sejarah singkat dasar peringatan dijelaskan di artikel ini.

Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi menjadi peringatan keagamaan besar dan penting bagi umat muslim di seluruh dunia.

Lantas kapan peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi diperingati terutama di Indonesia?

Maulid Nabi jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal atau pada hari Sabtu, 8 Oktober 2022 besok di Indonesia.

Baca Juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 8 Oktober 2022 Masuk Libur Nasional Tanggal Merah, Ada Cuti Bersama?

Lalu bagaimana sejarah singkat dasar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW?

Dilansir dari laman NU Jabar, dalam buku Sejarah Maulid Nabi (2015) yang dicatat Ahmad Sauri dijelaskan bahwa perayaan memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi sudah dilakukan oleh masyarakat muslim sejak tahun kedua Hijriah.

Catatan tentang peringatan Maulid Nabi tersebut merujuk pada Nuruddin Ali dalam kitabnya Wafa’ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa.

Di dalam catatan tersebut juga dijelaskan bahwa seorang bernama Khaizuran (170 H/786 M) yang merupakan ibu dari Amirul Mukminin Musa al-Hadi dan al-Rasyid datang ke Madinah dan memerintahkan penduduk mengadakan perayaan kelahiran Nabi Muhammad atau Maulid Nabi di Masjid Nabawi.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags


Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x