Profil Rasuna Said Pahlawan Nasional yang Tampil di Google Doodle Hari Ini, 14 September 2022

- 14 September 2022, 15:57 WIB
Profil Rasuna Said seorang pahlawan nasional yang tampil di Google Doodle hari ini, 14 september 2022.
Profil Rasuna Said seorang pahlawan nasional yang tampil di Google Doodle hari ini, 14 september 2022. /Tangkapan layar Google.com

BERITA DIY – Berikut adalah profil Rasuna Said sosok pahlawan nasional yang tampil di Google Doodle hari ini, 14 september 2022.

Rasuna Said adalah guru dan seorang jurnalis, sekaligus diakui sebagai pahlawan nasional Indonesia. Ia merupakan perempuan kesembilan yang menerima kehormatan tersebut.

Sama seperti Kartini, Rasuna Said juga seorang pejuang yang dengan gigih memperjuangkan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan.

Hari ini, Rasuna Said menjadi sosok yang menghiasi bagian depan halaman Google bertepatan dengan perayaan ulang tahun yang ke-112.

Baca Juga: Perjuangan Rasuna Said, Organisasi yang Diikuti dan Kiprah dalam Dunia Perempuan Hingga Jadi Pahlawan Nasional

Rasuna Said juga mendapat julukan Singa Betina, pendapat dan suaranya berpengaruh pada isu-isu kesejahteraan sosial.

Lahir di dekat Danau Maninjau di Sumatera Barat pada 14 September 1910, Rasuna Said tumbuh dengan pikiran yang kritis, serta keuletan dan kecerdasannya sebagai siswa.

Ayahnya merupakan seorang pengusaha dan tokoh yang sangat dihormati, yang bernama Haji Muhammad Said. 

Rasuna Said menekuni pendidikan Al-Qur'an dan budaya Minang. Ia menimba ilmu di Sekolah Dasar dan melanjutkan pendidikan ke Pesantren Ar-Rasyidiyah.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x