Bolehkah Puasa Ayyamul Bidh 2 Hari Saja? Berikut Penjelasan Disertai Bacaan Niat Tulisan Arab dan Latin

- 10 September 2022, 11:20 WIB
Ilustrasi - Penjelasan bolehkah puasa Ayyamul Bidh hanya dua hari saja, disertai bacaan niat tulisan arab dan latinnya.
Ilustrasi - Penjelasan bolehkah puasa Ayyamul Bidh hanya dua hari saja, disertai bacaan niat tulisan arab dan latinnya. /PEXELS/ Tima Miroshnichenko

BERITA DIY - Bolehkah melaksanakan puasa sunnah Ayyamul Bidh hanya dua hari saja? Pertanyaan ini sering muncul utamanya bagi yang kelupaan. Simak penjelasan Ustadz Isnan Anshory disertai bacaan niat puasa Ayyamul Bidh tulisan arab dan latinnya.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunnah yang dilaksanakan tiga hari setiap bulan.

Umumnya puasa Ayyamul Bidh atau puasa putih dilakukan bertepatan dengan kondisi bulan sedang dalam keadaan terang (purnama) yaitu tanggal 13,14,15 tiap bulan Hijriyah.

Dalil disunnahkannya puasa Ayyamul Bidh ini tercantum dalam hadist nabi yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmidzi dan Imam Nasa’i, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

“Hai Abu Dzar, “Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah).” (HR Tirmidzi dan an Nasa'i)

Baca Juga: Kalender Puasa Sunnah September 2022: Bacaan Niat Ayyamul Bidh dan Buka Puasa Senin Kamis

Lalu bagaimana jika seorang muslim sudah niat puasa Ayyamul Bidh, kemudian ada suatu hal yang menyebabkan tidak jadi sehingga hanya melaksanakan puasa Ayyamul Bidh dua hari saja apakah diperbolehkan?

Menurut Ustadz Isnan Anshory dalam ceramah yang ditayangkan melalui kanal Youtube Rumah Fiqih, pada dasarnya puasa Ayyamul Bidh tidak harus dilaksanakan berturut-turut pada tanggal 13,14,15 Hijriyah jika memang berhalangan pada tanggal tersebut.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x