Apa Itu Hari Tanpa Bayangan, Peristiwa Alam yang Akan Muncul di Bulan September 2022 di Seluruh Indonesia

- 1 September 2022, 21:00 WIB
Pengertian Hari Tanpa Bayangan, peristiwa alam mengenai pergerakan Matahari yang akan segera muncul di bulan September hingga Oktober 2022 di seluruh Indonesia.
Pengertian Hari Tanpa Bayangan, peristiwa alam mengenai pergerakan Matahari yang akan segera muncul di bulan September hingga Oktober 2022 di seluruh Indonesia. /PEXELS/Pixabay

BERITA DIY – Simak informasi apa itu Hari Tanpa Bayangan, peristiwa alam mengenai pergerakan Matahari di atas garis khatulistiwa yang akan segera muncul pada bulan September hingga Oktober 2022 di seluruh daerah di Indonesia.

Memasuki bulan September 2022, akan ada peristiwa alam yang akan segera terjadi di seluruh daerah di Indonesia yang bernama Hari Tanpa Bayangan.

Hari Tanpa Bayangan adalah sebuah peristiwa alami mengenai pergerakan Bumi dan Matahari sehingga membuat Matahari berada di dekat garis khatulistiwa.

Hari Tanpa Bayangan yang dikenal dengan istilah ilmiah “kulminasi” adalah fenomena Matahari yang berada tepat di posisi paling tinggi di langit.

Baca Juga: Ada Apa 14 Agustus 2022? Fenomena Puncak Hujan Meteor Perseid Jam Berapa dan Apakah Berbahaya bagi Bumi?

Dikutip oleh BERITA DIY dari laman resmi BMKG, saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya akan disebut sebagai Kulminasi Utama.

Dalam peristiwa tersebut, Matahari berada tepat di atas kepala atau disebut titik zenit yang mengakibatkan bayangan sang pengamat akan terlihat menghilang karena bertumpuk dengan tubuh pengamat itu sendiri.

Dari fenomena Kulminasi Utama inilah muncul peristiwa Hari Tanpa Bayangan karena dalam hari tersebut terdapat momen dimana bayangan benda terlihat lenyap.

Lebih lanjut, Hari Tanpa Bayangan bisa terjadi karena posisi Matahari dan Bumi yang tidak saling berimpit sehingga membentuk sebuah gerakan semu bernama gerak semu harian Matahari.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x