Hari Pramuka 2022 Diperingati pada Tanggal Berapa? Ini Sejarah dan Tema Logo Hari Pramuka Ke-61

- 13 Agustus 2022, 09:24 WIB
Loga Hari Pramuka ke-61, Hari Pramuka 2022, sejarah Hari Pramuka, Hari Pramuka diperingati setiap tanggal berapa, download logo Hari Pramuka 2022.
Loga Hari Pramuka ke-61, Hari Pramuka 2022, sejarah Hari Pramuka, Hari Pramuka diperingati setiap tanggal berapa, download logo Hari Pramuka 2022. /Tangkap layar pramuka.or.id

BERITA DIY - Hari Pramuka diperingati setiap tanggal berapa? Berikut sejarah dan tema logo Hari Pramuka ke-61.

Informasi Tanggal berapa Hari Pramuka  diperingati dan sejarah lahirnya Hari Pramuka banyak dicari menjelang diperingatinya Hari Pramuka Nasional.

Sebagai informasi, Hari Pramuka Nasional adalah perayaan hari lahirnya Gerakan Pramuka di Indonesia.

Lalu, tanggal berapa Hari Pramuka diperingati? Simak informasinya bersamaan dengan sejarah dan tema logo Hari Pramuka ke-61.

Baca Juga: 17 Link Twibbon Hari Pramuka 14 Agustus 2022: Desain Modern, Pasang Foto dengan Mudah untuk WA dan Facebook

Dilansir dari laman Pramuka.or.id, Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia.

Kata Pramuka sendiri merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Sementara dikutip dari laman Museum Sumpah Pemuda (museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id), awal mula lahirnya Hari Pramuka diawali dari lahirnya Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada tahun 1912 dan organisasi serupa lainnya.

Berselang empat tahun, tepatnya pada 1916, Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) berganti nama menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP).

Baca Juga: 25 Link Twibbon Peringatan Hari Pramuka ke-61 Keren Terbaru 2022 Buat Story IG, WA, FB

Kemudian pada tahun yang sama, Mangkunegara VII membentuk Organisasi Kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinder Organisatie (JPO).

Lahirnya JPO Mangkunegara VII itulah yang akhirnya membuat banyak organisasi sejenis bermunculan pada saat itu.

Beberapa organisasi yang lahir tak berselang lama antara lain Hizbul Wahton (HM) pada 1918, JJP (Jong Java Padvinderij) pada 1923, Nationale Padvinders (NP), dan masih banyak lagi.

Ditengah banyaknya organisasi pramuka yang mencuat, Belanda yang masih menduduki Indonesia melarang organisasi kepramukaan di luar milik Belanda menggunakan istilah Padvinder.

Baca Juga: Dasa Darma Pramuka 1-10 dan Tri Satya Penggalang dan Penegak Lengkap dengan Arti dan Contohnya

K.H Agus Salim kemudian memperkenalkan istilah “Pandu” atau “Kepanduan” untuk mengorganisasi Kepramukaan milik Indonesia.

Barulah setelah Indonesia merdeka, lahirlah kepanduan yang bersifat nasional yaitu Pandu Rakyat Indonesia pada 28 Desember 1945.

Pada tahun 1060, pemerintah melalui Presiden Soekarno mengumpulkan tokoh-tokoh dari gerakan kepramukaan indonesia guna membenahi organisasi kepramukaan tersebut.

Presiden Soekarno kemudian panitia pembentukan gerakan Pramuka yang terdiri dari Sultan Hamengkubuwono XI, Prof. Prijono. Dr. A. Aziz Saleh serta Achmadi. Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka.

Baca Juga: Anggota Pramuka SMAN 1 Ciamis Diduga Dianiaya Senior di Kasus Lingkaran Setan, Viral di Twitter

Singkat cerita, pada 14 Agustus 1961 dilakukan MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional) yang diketuai oleh Presiden Soekarno, wakil ketua I Sultan Hamengkubuwono XI dan wakil ketua II Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh.

Kemudian dengan ditandai dengan penyerahan panji-panji pramuka oleh Presiden Soekarno kepada tokoh-tokoh pramuka dihadiri pada hari itu, ribuan anggota pramuka yang hadir ditunjuk untuk memperkenalkan gerakan pramuka kepada masyarakat.

Peristiwa tersebutlah yang menandai lahirnya Hari Pramuka yang sampai saat ini masih diperingati setiap tanggal 14 Agustus.

Tahun ini, Hari Pramuka akan diperingati ke-61 kali sejak awal diperkenalkannya kepada masyarakat.

Baca Juga: Anggota Pramuka SMAN 1 Ciamis Diduga Dianiaya Senior di Kasus Lingkaran Setan, Viral di Twitter

Sementara untuk logo Hari Pramuka ke-61 tertuang dalam Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 062 Tahun 2022 Tentang Tema dan Logo Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022.

Berikut makna dan arti logo Hari Pramuka 2022 atau ke-61:

1. Angka 6 dan 1 merupakan ulang tahun yang ke-61 Angka 6 hasil stilasi dari Kelopak Tunas Kelapa serta angka 1 yang menopang logogram Tunas Kelapa dengan tegak berkesan kokoh

2. Terdapat logo type Pramuka

Baca Juga: Tanggal 14 Agustus 2021 Diperingati Hari Apa? Ternyata Ada Hari Pramuka, Yuk Simak Sejarahnya

3. Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa adalah tema Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022.

Demikian informasi Hari pramuka diperingati setiap tanggal berapa beserta sejarah dan tema logo Hari Pramuka ke-61.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x