Tanggal 14 Agustus 2021 Diperingati Hari Apa? Ternyata Ada Hari Pramuka, Yuk Simak Sejarahnya

- 13 Agustus 2021, 19:50 WIB
ILUSTRASI - Berikut sejarah Hari Pramuka di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus.
ILUSTRASI - Berikut sejarah Hari Pramuka di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus. /Tangkapan layar: Twibbonize.com/selamatharipramuka60tahun

BERITA DIY - Simak informasi sejarah Hari Pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus. Adapun pada tahun 2021 ini, Hari Pramuka telah mencapai tahun ke-60 di Indonesia.

Meskipun awal mula lahirnya Hari Pramuka di Indonesia berlangsung panjang, namun BERITA DIY akan merangkum secara singkat sejarah tersebut, hingga diperingati setiap tanggal 14 Agustus sampai saat ini.

Ternyata, organisasi semacam pramuka telah ada pada awal abad ke-20 sebelum Indonesia merdeka, atau semasa penjajahan Belanda.

Baca Juga: 20 Link Twibbon Hari Pramuka ke-60 yang Diperingati Tanggal 14 Agustus 2021, Bisa Jadi Foto di WA, IG, dan FB

Dilansir dari laman resmi Museum Sumpah Pemuda (museumsumpahpemuda.kemdikbud.go.id), kemunculan  Nederlandesche Padvinders Organisatie (NPO) pada tahun 1912 menjadi asal mula lahirnya organisasi kepanduan lainnya.

Empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1916, nama NPO diganti menjadi Nederlands Indische Padvinders Vereniging (NIVP).

Mangkunegara VII kemudian menginisiasi pendirian  Javaansche Padvinder Organisatie (JPO) yang merupakan organisasi kepanduan pertama yang didirikan oleh orang Indonesia.

Baca Juga: Cara Daftar Upacara Online HUT RI ke-76 Tahun 2021 Bersama Presiden Jokowi Live dari Istana Negara

Kelahiran JPO memicu tokoh-tokoh tanah air lainnya untuk menginsiasi organisasi Kepanduan lainnya di Indonesia.

Hizbul Wathon mendirikan Jong Java Padvinderij (JJP) pada tahun 2018, lalu Nationale Padvinders (NP), Nationaal Indonesische Padvinderij (NATIPIJ), Pandoe Pemoeda Sumatra (PPS), dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: Museum Sumpah Pemuda Kemdikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x