Apa Itu Takhbib dalam Islam? Cek Pengertian Pebinor dan Hukum Menggoda Istri Orang Menurut Ulama

- 3 Agustus 2022, 14:16 WIB
Ilustrasi. Istilah pebinor sama dengan pengertian takhbib dalam Islam sama yakni laki-laki yang menggoda dan merebut istri orang lain. Apa hukum takhbib menurut hadist dan Surat di Al Quran?
Ilustrasi. Istilah pebinor sama dengan pengertian takhbib dalam Islam sama yakni laki-laki yang menggoda dan merebut istri orang lain. Apa hukum takhbib menurut hadist dan Surat di Al Quran? /PEXELS/Mateus Souza

BERITA DIY - Istilah pebinor atau perebut istri orang lebih populer jika dibanding takhbib. Apa itu takhbib dalam Islam?

Jadi, pengertian takhbib dalam Islam adalah laki-laki yang menggoda dan merebut istri orang lain.

Dalam jurnal 'Fenomena Takhbib dan Solusinya dalam Perspektif Al Quran' karya Zulhabibah, takhbib adalah perbuatan dengan tujuan menggoda, merayu hingga berujung perceraian suami istri.

Secara bahasa, thakbib adalah menipu atau tipu muslihat.

Secara istilah, takhbib adalah perbuatan untuk merusak hubungan suami istri, menipu si istri agar mau meninggalkan si suami dengan menyebut keburukan suami di depan istri.

Baca Juga: Apa Itu Tantrum? Ini Cara Mengatasi Tantrum pada Anak Umur 2 hingga 4 Tahun, Kenali Ciri dan Penyebab Emosi

Macam-macam tindakan takhbib

Ada rupa-rupa hal dalam tindakan yang masuk kategori thakbib, baik dilakukan secara sadar atau tidak sadar, sengaja atau tidak sengaja.

Beberapa tindakan takhbib adalah dengan memberikan perhatian, empati, atau menjadi teman curhat seorang perempuan yang sudah menjadi istri seseorang.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x