Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Berikut Zikir Malam Pergantian Tahun Baru Islam

- 29 Juli 2022, 20:57 WIB
Doa tahun baru Islam 2022, doa awal tahun pendek, zikir tahun baru Islam, pergantian tahun Islam, doa malam satu Muharram, dan doa awal bulan Muharram.
Doa tahun baru Islam 2022, doa awal tahun pendek, zikir tahun baru Islam, pergantian tahun Islam, doa malam satu Muharram, dan doa awal bulan Muharram. /PEXELS/ Tima Miroshnichenko

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari doa tahun baru Islam 2022, doa awal tahun pendek, zikir tahun baru Islam, pergantian tahun Islam, doa malam satu Muharram, dan doa awal bulan Muharram.

Simak bacaan doa awal tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriyah, Berikut zikir malam pergantian tahun baru Islam 2022.

Seperti diketahui, tahun baru Islam diperingati tiap 1 Muharram. Makna 1 Muharram sendiri berkaitan erat dengan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

Ketika itu, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, sebagai langkah strategis dakwah untuk menyebarkan ajaran Islam.

Baca Juga: Amalan Malam 1 Muharram 1444 H Sesuai Sunnah NU, Ini Doa Malam 1 Suro & Niat Puasa Akhir Tahun Baru Islam 2022

Secara umum, malam 1 Suro dan 1 Muharram adalah sama. Yang membedakan antara keduanya hanya dalam hal penyebutan dan tradisi yang mengiringi.

Apabila 1 Muharram merupakan penanda datangnya tahun baru hijriah, sementara 1 Suro adalah tradisi serupa dalam budaya masyarakat Jawa.

Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam telah bersabda bahwa puasa Muharram adalah sebaik-baiknya puasa selain di bulan Ramadhan. Puasa di bulan Muharram disebutkan dapat menghapus dosa-dosa kecil selama satu tahun.

"Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram."

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x