Tahun Ini Berapa Hijriah? Berikut Nama Bulan, Urutan Kalender Islam dan Artinya

- 29 Juli 2022, 13:54 WIB
Ilustrasi penjelasan tahun ini berapa Hijriah dilengkapi nama bulan, urutan kalender Islam dan artinya.
Ilustrasi penjelasan tahun ini berapa Hijriah dilengkapi nama bulan, urutan kalender Islam dan artinya. /Pixabay/tigerlily

BERITA DIY - Tahun ini berapa Hijriah menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Simak penjelasannya lengkap dengan nama bulan, urutan kalender Islam dan artinya.

Sebentar lagi tahun dalam kalender Hijriah atau kalender Islam akan berganti. Bulan Dzulhijjah akan segera berlalu digantikan Muharram.

Kalender Hijriah memang berbeda dengan Masehi, termasuk nama-nama bulan. Persamaannya hanya jumlah bulan yaitu 12 bulan.

Hitungan kalender Islam berdasarkan rotasi bulan, yang merupakan perintah Allah SWT dalam Al Quran Surat At Taubah ayat 36.

Baca Juga: Bacaan Doa Lengkap Akhir Tahun dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah serta Waktu Berdoa yang Tepat

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: Sesungguhnya jumlah bulan menurut Allah ialah dua belas bulan, (sebagaimana) dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya ada empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menzalimi dirimu dalam (bulan yang empat) itu, dan perangilah kaum musyrikin semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya. Dan ketahuilah bahwa Allah beserta orang-orang yang takwa.

Nah, tahun ini berapa Hijriah? Tahun 2022 ini dilalui dua tahun dalam kalender Islam, yaitu tahun 1443 Hijriah dan 1444 Hijriah.

Akan tetapi mulai tanggal 30 Juli 2022, bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriah. Pada hari tersebut merupakan tahun baru berdasarkan kalender Islam.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x