Doa Pergantian Akhir dan Awal Tahun Hijriah 1 Muharram 1444 H atau 2022 M: Kapan Dibaca dan Keutamaannya

- 29 Juli 2022, 10:50 WIB
Ilustrasi - Doa pergantian akhir dan awal tahun Hijriah 1 Muharram 1444H atau 2022H berserta waktu dibaca dan keutamaannya
Ilustrasi - Doa pergantian akhir dan awal tahun Hijriah 1 Muharram 1444H atau 2022H berserta waktu dibaca dan keutamaannya /PIXABAY/Afshad

BERITA DIY - Pergantian tahun Hijriah atau 1 Muharram 1444 H atau 2022 M sebentar lagi. Berikut adalah doa pergantian akhir dan awal tahun Hijriah serta informasi waktu dibaca dan hal keutamannya dalam doa tersebut.

Tahun baru Hijriah ditetapkan akan jatuh pada 30 Juli 2022. Tentu sebagai umat muslim alangkah baiknya membaca doa untuk memohon ampunan atas segala dosa dan bersyukur atas segala rejeki yang diberikan oleh Allah SWT di tahun sebelumnya.

Berbeda dengan penanggalan Masehi yang mana pergantian tanggal terjadi pada pukul 24:00, jika dalam kalender Hijriah pergantian hari terjadi pada matahari terbenam atau setelah Maghrib.

Doa pergantian tahun terdiri dari dua doa, yaitu doa akhir tahun dan awal tahun.

Baca Juga: Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriah 1 Muharram 1444 H atau 2022 M: Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Doa akhir tahun dibaca pada sore hari setelah Ashar sebelum Maghrib, sedangkan doa awal tahun dibaca pada malam hari setelah Maghrib.

Hal yang paling dianjurkan dalam doa akhir tahun adalah memanjatkan syukur atas limpahan rahmat, anugerah, nikmat, rejeki, karunia kepada kita semua.

Tidak lupa memohon ampunan atas segala dosa-dosa, kesalahan, kekhilafan yang diperbuat serta memohon diterimanya seluruh amal ibadah dan taubat dalam satu tahun terakhir.

Sedangkan untuk doa awal tahun, hal yang dianjurkan adalah memohon kepada Allah SWT untuk satu tahun kedepan dilindungi dari godaan setan, hawa nafsu yang membuat diri kita melanggar larangan Allah SWT.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x