Awali Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H dengan Melakukan Ibadah Sunah yang Diajarkan Nabi Muhammad SAW

- 25 Juli 2022, 21:00 WIB
Ilustrasi ibadah sunah yang diajarkan Nabi Muhammad untuk dikerjakan pada 1 Muharram untuk menyambut tahun baru Islam 1444 H.
Ilustrasi ibadah sunah yang diajarkan Nabi Muhammad untuk dikerjakan pada 1 Muharram untuk menyambut tahun baru Islam 1444 H. /PIXABAY/@Pezibear

BERITA DIY - Sambut dan awali tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H dengan melakukan ibadah sunah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Bulan Muharram disebut Sasi Suro oleh orang Jawa. Muharram atau Sasi Suro ini memiliki peristiwa agung yang disebut dengan Bodo Suro.

Bagi orang Islam, Muharram menjadi salah satu bulan sekaligus momen pembuka tahun baru Islam. Dalam menyambut tahun baru Islam, umat muslim dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan sunah seperti yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Pada tanggal 1 Muharram umat Islam dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun. Masih pada bulan Muharram, selain membaca doa awal dan akhir tahun juga ada amalan sunah lain yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Baca Juga: 1 Muharram 2022 Hari Apa? Tahun Baru Islam 1444 Hijriah Tanggal 30 atau 31 Juli, Ini Isi SKB 3 Menteri

Amalan sunah lain yang dianjurkan untuk dikerjakan pada awal tahun baru Islam atau pada bulan Muharram adalah melaksanakan puasa.

Dikutip dari Muhammadiyah, anjuran melaksanakan puasa di bulan Muharram ini dijelaskan dalam salah satu hadis nabi yang diriwayatkan oleh Muslim. Puasa pada bulan Muharram bisa dilakukan pada tanggal 9, 10, dan 11.

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «أَفْضَلُ الصِّيَامِ، بَعْدَ رَمَضَانَ، شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلَاةِ، بَعْدَ الْفَرِيضَةِ، صَلَاةُ اللَّيْلِ

"Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yakni Muharram. Sementara sholat paling utama setelah sholat fardhu adalah sholat malam.”

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x