Malam 1 Suro 2022 Kapan? Ini Penjelasan Malam 1 Suro, Keistimewaan, dan Larangan yang Tidak Boleh Dilakukan

- 19 Juli 2022, 14:25 WIB
Ilustrasi peristiwa sejarah yang pernah terjadi pada bulan Suro atau bulan Muharram dalam Islam dan kapan Malam 1 Suro 2022
Ilustrasi peristiwa sejarah yang pernah terjadi pada bulan Suro atau bulan Muharram dalam Islam dan kapan Malam 1 Suro 2022 /PIXABAY/@Pezibear

BERITA DIY- Simak informasi Malam 1 Suro 2022 kapan, ini penjelasan malam 1 suro, keistimewaan, dan larangan yang tidak boleh dilakukan pada malam tersebut.

Banyak yang belum tahu Malam 1 Suro adalah malam apa, apa arti Malam 1 Suro bagi orang Jawa, dan apakah pada Malam 1 Suro orang bisa keluar rumah

Untuk mengetahui informasi yang berkaitan dengan Malam 1 Suro simak uraian dibawah ini sampai selesai.

Bulan Suro merupakan bulan pertama dalam kalender Jawa Islam. Suro berasal dari kata Asyura dalam bahasa Arab yang memiliki arti kesepuluh.

Baca Juga: Tanggal Berapa Libur Tahun Baru Islam? Bacaan Doa Akhir Tahun Dzulhijjah dan Doa Awal Tahun Muharram 1 Suro

Bulan Suro bagi orang Jawa adalah bulan Muharram atau bulan pertama dalam Kalender hijriah.

Dikutip dari Jatim Polri, pada masa Sultan Agung Kerajaan Mataram Islam memadukan penanggalan hijriah dan kalender Saka.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, tujuan Sultan Agung saat itu adalah agar perayaan keagamaan dapat diadakan secara bersama-sama seluruh umat Islam.

Alasan itu muncul karena pada saat itu masyarakat Jawa terjadi perpecahan antara kaum Abangan atau kejawen dengan Putihan atau Islam.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah