Bacaan Takbir Idul Adha Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya Dalam Bahasa Indonesia, Ini Teks Lirik Takbiran

- 8 Juli 2022, 22:40 WIB
Lirik Takbiran Idul Adha 2022, takbiran Idul Adha MP3, teks takbiran, bacaan takbiran, lirik dan lafadz takbiran panjang.
Lirik Takbiran Idul Adha 2022, takbiran Idul Adha MP3, teks takbiran, bacaan takbiran, lirik dan lafadz takbiran panjang. /PEXELS/@Pixabay

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari lirik Takbiran Idul Adha 2022, takbiran Idul Adha MP3, teks takbiran, bacaan takbiran, lirik dan lafadz takbiran panjang.

Simak bacaan takbir Idul Adha lengkap bahasa Arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia, berikut ini teks lirik lafadz takbiran panjang.

Takbiran sendiri merupakan aktivitas mengucap takbir di malam hari raya, baik hari raya Idul Fitri maupun Idul Adha dengan menyerukan takbir.

Waktu takbir Idul Adha sendiri dimulai sejak matahari terbenam pada malam Id. Sementara takbir diakhiri dengan pelaksanaan shalat ied.

Baca Juga: 15 Link Twibbon Idul Adha Muhammadiyah dan NU 2022 Islami Keren, Ini Cara Membuat Twibbon di Twibbonize Gratis

Ustaz Mahadzir Lc M.Ag dalam buku Bekal Ramadhan dan Idul Fitri (2019) menjelaskan bahwa hukum takbiran di malam Idulfitri adalah Sunah. Artinya, mendapatkan pahala jika dilakukan.

Takbir dilafalkan sebanyak tiga kali sebagaimana penjelasan Imam An-Nawawi dalam Kitab Al-Majmu', Syarhul Muhadzdzab: Allāhu akbar, Allāhu akbar, Allāhu akbar. Artinya, “Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar.

Nabi Muhammad Saw bersabda mengenai kalimat dzikir yang terangkai dalam susunan takbiran ini.

Diriwayatkan oleh Samuroh bin Jundub, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda, “Ada 4 ucapan yang paling disukai oleh Allah yaitu: Subhanallah, Alhamdulillah,  Laa ilaaha illallah (tahlil), dan Allahu Akbar. Tidak berdosa bagimu dengan mana saja kamu memulai.” (HR. Muslim, No. 2137)

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x