Niat dan Tata Cara Sholat Idul Adha Berjamaah atau Sendiri: Arab, Latin, dan Artinya

- 8 Juli 2022, 19:45 WIB
Ilustrasi - Niat dan tata cara shalat Idul Adha berjamaah atau sendiri lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan arti bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Niat dan tata cara shalat Idul Adha berjamaah atau sendiri lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan arti bahasa Indonesia. / PEXELS/Alena Darmel

BERITA DIY – Berikut niat dan tata cara sholat Idul Adha berjamaah atau sendiri lengkap dengan Arab, latin, dan arti bahasa Indonesia.

Setiap 10 Dzulhijjah, umat muslim seluruh Indonesia akan menjalan sholat Idul Adha. Untuk tahun ini, pemerintah menetapkan shalat Idul Adha dilaksanakan pada 10 Juli 2022.

Sholat Idul Adha dilaksanakan ketika matahari sudah mulai meninggi. Pelaksanaan bisa dilakukan secara berjamaah atau sendiri.

Meskipun bisa dilaksanakan sholat Idul Adha sendiri, tetapi diutamakan menjalankan sholat hari raya Kurban secara berjamaah.

Baca Juga: Niat Sholat Idul Adha 2022 Arab, Latin, dan Artinya untuk Makmum Saat Berjamaah dan Tata Cara Sholat Idul Adha

Sholat Idul Adha dilakukan secara sendiri jika terlambat datang atau mengalami halangan. Dengan dua kondisi ini bisa dilakukan sendiri-sendiri di rumah daripada tidak sama sekali.

Seperti sholat Idul Fitri, sholat Idul Adha dilaksanakan dua rakaat yang setiap rakaat disunnahkan membaca takbir. Pada rakaat pertama, takbirnya sebanyak 7 kali dan rakaat kedua takbir sebanyak 5 kali.

Tata cara sholat Idul Adha secara berjamaah:

Tata cara sholat Idul Adha secara berjamaah dikutip BERITA DIY dari laman Kemenag Kepri menjelaskan bahwa:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x