Fasik Bukan Orang Kafir Kata Ustadz Abdul Somad Ini Pengertian Fasik, Ciri dan Jenis yang Mesti Diketahui

- 26 Juni 2022, 18:25 WIB
Ilustrasi - Fasik itu bukan orang kafir kata Ustadz Abdul Somad, simak penjelasan mengenai pengertian, ciri, dan jenis yang mesti diketahui.
Ilustrasi - Fasik itu bukan orang kafir kata Ustadz Abdul Somad, simak penjelasan mengenai pengertian, ciri, dan jenis yang mesti diketahui. /Tangkap Layar YouTube.com/Fodamara

BERITA DIY - Berikut penjelasan mengenai fasik, ciri dan jenis yang mesti diketahui, bagaimana menurut Ustadz Abdul Somad? Simak artikel ini.

Dikutip BERITA DIY dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, bahwa arti fasik memiliki dua arti, yakni tidak peduli terhadap perintah Tuhan (berarti: buruk kelakuan, jahat, berdosa besar).

Kemudian arti yang kedua adalah orang yang percaya kepada Allah Swt., tetapi tidak mengamalkan perintah-Nya, bahkan melakukan perbuatan dosa.

Sedangkan kata fasik dalam bahasa Arab memiliki arti keluar dari jalan yang benar. Jalan yang dimasuk adalah jalan syariat Islam.

Baca Juga: Hukum Menikah dengan Sepupu Menurut Islam Apakah Boleh? Ini Kata Ustadz Adi Hidayat

Sementara dalam Al-Quran, kata fasik terdapat di surat Al-Hujurat ayat 6, sebagai berikut:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنۡ جَآءَكُمۡ فَاسِقٌ ۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوۡۤا اَنۡ تُصِيۡبُوۡا قَوۡمًا ۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصۡبِحُوۡا عَلٰى مَا فَعَلۡتُمۡ نٰدِمِيۡنَ

Latin: Yaaa ayyuhal laziina aamanuu in jaaa'akum faasqum binaba in fatabaiyanuuu an tusiibuu qawmam bijahalatin fatusbihuu 'alaa maa fa'altum naadimiin.

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Jika seseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, maka telitilah kebenarannya, agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmu itu.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x