Bacaan Tahlil Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya Setelah Surat Yasin untuk Tahlilan dan Yasinan

- 23 Juni 2022, 16:42 WIB
Bacaan tahlil lengkap Arab, latin, dan terjemahannya bahasa Indonesia setelah surat Yasin untuk tahlilan dan yasinan.
Bacaan tahlil lengkap Arab, latin, dan terjemahannya bahasa Indonesia setelah surat Yasin untuk tahlilan dan yasinan. /Pixabay/mohamed_hassan

BERITA DIY - Bacaan tahlil lengkap bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahannya bahasa Indonesia yang bisa dibaca setelah surat Yasin 83 saat tahlilan dan yasinan tersedia di sini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tahlil artinya pengucapan kalimat tauhid la ila ha illallah tidak ada Tuhan selain Allah secara berulang-ulang.

Sedangkan tahlilan adalah pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an untuk memohonkan rahmat dan ampunan bagi arwah orang yang meninggal.

Sebelum membaca bacaan tahlil atau menjalankan tahlilan, umat muslim di tanah air biasanya membaca surat yasin lengkap 83 ayat terlebih dahulu atau biasa disebut yasinan.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Artinya Dibaca Sebelum Tahlil Saat Tahlilan dan Yasinan

Setelah itu biasanya diakhiri dengan doa arwah untuk mendoakan ruh orang-orang yang sudah meninggal dunia.

Secara umum, bacaan tahlil di beberapa daerah sama, karena intinya memanjatkan kalimat toyibah dan ayat suci Al-Qur'an dengan bacaan yang baik dan benar.

Masyarakat Nahdlatul Ulama atau NU biasanya membaca bacaan tahlil saat tahlilan dan yasinan ini dengan merujuk pada kitab-kitab ulama-ulama yang jelas sanad keilmuannya.

Berikut ini bacaan tahlil lengkap dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan terjemahannya bahasa Indonesia dikutip Berita DIY dari Kitab Majmu' Syarif:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x