Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Sesuai Ajaran Islam dan Urutan Membaca hingga Salam untuk Ahli Kubur

- 23 Juni 2022, 07:31 WIB
Ilustrasi - Bacaan doa ziarah kubur singkat sesuai ajaran Islam dan urutan membaca hingga diawali salam untuk ahli kubur.
Ilustrasi - Bacaan doa ziarah kubur singkat sesuai ajaran Islam dan urutan membaca hingga diawali salam untuk ahli kubur. /PIXABAY/@freebiespic

BERITA DIY - Berikut informasi bacaan doa ziarah kubur singkat sesuai ajaran Islam dan urutan membaca hingga salam untuk ahli kubur.

Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan umat Islam Indonesia khususnya NU ialah dengan ziarah kubur orang tua atau saudara.

Dalam tata cara ziarah kubur sebelum membaca doa juga banyak disorot untuk diperhatikan mulai dari wudhu hingga mengucap salam untuk ahli kubur.

Kemudian akan diawali dengan membersihkan sekitar makam ketika ziarah kubur dilakukan atau nyekar dan akan membaca doa ziarah kubur.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat ke Makam Sesuai Sunnah Lengkap Arab, Latin, Artinya dan Tata Cara

Mengenai hukum berziarah kubur, pada awalnya Rasulullah SAW melarang umatnya untuk berziarah, namun kemudian diperbolehkan seperti hadis berikut:

عن أبي هريرة قال قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم اسْتَأْذَنْتُ رَبِّى تَعَالَى عَلَى أَنْ أَسْتَغْفِرَ لَهَا فَلَمْ يُؤْذَنْ لِى فَاسْتَأْذَنْتُ أَنْ أَزُورَ قَبْرَهَا فَأُذِنَ لِى فَزُورُوا الْقُبُورَ فَإِنَّهَا تُذَكِّرُ بِالْمَوْتِ. [رواه الجماعة]

Artinya: "Diriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda; 'Aku memohon izin kepada Tuhanku agar aku diperkenankan memohonkan ampun bagi ibuku, maka tidak diizinkan,"

"Lalu aku memohon izin untuk berziarah ke kuburnya, maka diizinkannya. Oleh karena itu ziarahlah ke kubur, sebab hal itu dapat mengingatkan mati”.[HR. Jama’ah]

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x