Niat dan Keutamaan Puasa Senin Kamis untuk Meminta Sesuatu dan Doa Berbukanya: Arab, Latin dan Artinya

- 22 Juni 2022, 20:50 WIB
Niat dan keutamaan puasa Senin-Kamis untuk meminta sesuatu serta doa berbukanya dengan tulisan Arab, latin, dan arti bahasa Indonesia.
Niat dan keutamaan puasa Senin-Kamis untuk meminta sesuatu serta doa berbukanya dengan tulisan Arab, latin, dan arti bahasa Indonesia. /PEXELS/Rodnae Productions

BERITA DIY – Berikut niat dan keutamaan puasa Senin-Kamis untuk meminta sesuatu serta doa berbukanya dengan tulisan Arab, latin dan arti bahasa Indonesia.

Puasa Senin-Kami adalah puasa yang dijalankan pada hari Senin dan Kamis dalam satu minggu, sehingga setiap minggunya setidaknya akan menjalan puasa selama dua hari di hari Senin dan Kamis.

Dikutip dari laman Kemenag Bali, Dr. Wahbah az-Zuhaili menjelaskan para ulama bersepakat bahwa puasa Senin-Kamis sebagai salah satu sunnah Nabi. Berarti jika dilakukan mendapatkan pahala, jika ditinggal tidak berakibat dosa.

Secara bahasa Arab, hari Senin adalah isnain yang memiliki makna sebagai hari kedua dari penciptaan seluruh makhluk. Sedangkan hari Kamis dalam bahasa Arab adalah khamis yang memiliki makna hari kelima penciptaan seluruh makhluk di bumi.

Baca Juga: Doa Syukur Nikmat Robbi Auzini Tulisan Latin, Arab, dan Artinya Terjemahan Indonesia Lengkap dengan Dalil

Puasa Senin-Kamis juga memiliki beberapa keutamaan, yakni puasa Senin-Kamis dijalankan oleh Rasulullah yang diperkuat oleh perkataan Siti ‘Asiyah bahwa

كَانَ النَّبِيُّ ﷺ يَتَحَرَّى صَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ  

Artinya: “Nabi SAW selalu menjaga puasa Senin dan Kamis” (HR Tirmidzi dan Ahmad).

Keutamaan yang lain adalah sebagai hari pelaporan amal manusia. Di mana hari Senin dan Kamis diyakini sebagai hari penyetor amal manusia. Sehingga saat amal dilaporkan, maka dalam keadaan berpuasa.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x