Arti dan Makna Asmaul Husna Ad Dhaar dari Al-Qur’an dan Hadis serta Cara Meneladaninya

- 3 Juni 2022, 20:04 WIB
Arti dan makna Asmaul Husna artinya nama baik Allah diantaranya yaitu Ad Dhaar. perlu diamalka
Arti dan makna Asmaul Husna artinya nama baik Allah diantaranya yaitu Ad Dhaar. perlu diamalka /Pixabay/aishaabdelhamid /

BERITA DIY - Simak penjelasan di sini apa itu arti dan makna Ad Dhaar salah satu nama dalam Asmaul Husna dari Al-Qur’an dan hadis serta cara meneladani Ad Dhaar.

Asmaul Husna memiliki arti nama-nama baik yang hanya dimiliki oleh Allah SWT. Jumlah dari Asmaul Husna ada 99 nama. Keseluruhan Asmaul Husna ini termaktub dalam Al-Qur’an.

Dengan begitu umat muslim yang membaca atau mengkaji Al-Qur’an tentu telah melafalkan nama baik Allah SWT. Seperti dalam bacaan wajib sholat fardhu, surat Al Fatihah terdapat dua nama mulia yang terkandung.

Baca Juga: Mengenal Nama-nama Allah SWT: 99 Asmaul Husna: Al Karim, Al Alim, Al Wakil hingga Al Husna dan Makna Artinya

Dua nama Asmaul Husna yang ada dalam surat Al Faatihah ada Ar Raahman dan Ar Rahim. Nah, selain dua nama mulia tersebut, ada satu nama lainnya yang disebut Ad Dhaar.

Allah itu Ad Dhaar, artinya Ad Dhaar Yang Maha Penimpa Kemudharatan atau Dzat pemeriksa, penyeimbang, penindas, pemberi derita, penghukum.

Sifatnya sebagai Ad Dhaar, Allah SWT itu Maha Pemberi Bahaya/Dzat Yang Maha Memberi Mudhorat, Dia bisa memberikan bahaya kepada orang-orang yang kafir dan durhaka kepada-Nya.

Baca Juga: Arti dan Makna Asmaul Husna Lafaz Dzul Jalali Wal Ikram, Apa Saja Keutamaan Saat Dibaca Sebagai Dzikir?

Allah SWT berikan mereka yang dikehendaki-Nya sebuah peringatan atau hukuman agar mereka sadar dan segera bertaubat kepada-Nya dan kembali ke jalan yang benar.

Hanya Allah SWT satu-satunya Dzat Yang Dapat Memberikan Manfaat dan Mudhorat. Bila hamba-hamba-Nya melakukan ketaqwaan, Allah SWT akan berikan kemanfaatan pula dan bisa terjadi sebaliknya, Allah SWT memberikan kemudhoratan pula.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x