Link Live Streaming Sidang Isbat Kemenag Mulai Seminar Posisi Hilal hingga Penetapan 1 Syawal 1443 H

- 1 Mei 2022, 12:50 WIB
Link live streaming sidang isbat Kemenag mulai dari seminar posisi hilal hingga penetapan 1 Syawal 1443 H.
Link live streaming sidang isbat Kemenag mulai dari seminar posisi hilal hingga penetapan 1 Syawal 1443 H. /PIXABAY/@GDJ

BERITA DIY - Berikut merupakan link streaming sidang isbat Kemenag. Simak link streaming lengkap menurut rangkaian sidang isbat mulai dari seminar posisi hilal hingga penetapan melalui telekonferensi pers 1 Syawal 1443 H.

Dilansir dari Instagram @bimaislam menyampaikan rangkaian jadwal sidang isbat Kemenag. Sidang isbat akan dijalankan pada 1 Mei 2022 yang rangkaian agendanya dimulai sejak pukul 17:00 WIB.

Sidang isbat akan dimulai sejak pukul 17:00 WIB yakni seminar posisi hilal. Rangkaian seminar posisi hilal dapat disaksikan secara langsung melalui akun Youtube resmi Bimas Islam atau melalui link DI SINI.

Baca Juga: Hasil Sidang Isbat Lebaran 2022 Penetapan 1 Syawal 1443 H, Diputuskan Sekarang Ada Kemungkinan Bersama?

Sidang isbat sendiri dilakukan pada pukul 18:00 WIB sekaligus pelaksanaan sholat Maghrib. Namun untuk sidang dilakukan secara tertutup tanpa disiarkan secara langsung.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan telekonferensi pers penetapan 1 Syawal pada pukul 19:15 WIB. Untuk melihat prosesi tersebut dapat disaksikan melalui saluran televisi TVRI atau link berikut ini Di Sini.

Pada saat pelaksanaan sidang isbat nanti, Kemenag menggunakan metode rukyatul hilal dalam penetapan 1 Syawal. Kriteria rukyatul hilal sendiri telah disesuaikan dan disepakati oleh MABIMS atau Menteri Agama Brunei Darussalam, Malaysia, Indonesia, dan Singapura.

Baca Juga: Link Live Streaming Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1443 H Hari Ini: Benarkah Jatuh Pada Senin 2 Mei?

Menurut kriteria MABIMS, imkanur rukyat memenuhi syarat posisi hilal apabila mencapai ketinggian 3 derajat degan sudut elongasi 6,4 derajat. Namun apabila belum terlihat dan sesuai, maka jadwal penetapan akan disesuaikan kembali agar sesuai dengan kriteria yang ada.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah