Berapa Lama Waktu Pembukaan 1 Sampai 10 Ketika Melahirkan? Berikut Fase Persalinan dan Ciri-cirinya

- 28 April 2022, 14:54 WIB
ILUSTRASI - berapa lama waktu pembukaan 1 sampai 10 ketika melahirkan. Berikut fase persalinan dan ciri-cirinya.
ILUSTRASI - berapa lama waktu pembukaan 1 sampai 10 ketika melahirkan. Berikut fase persalinan dan ciri-cirinya. /PIXABAY/Pexels

BERITA DIY - Simak penjelasan berapa lama waktu pembukaan 1 sampai 10 ketika melahirkan. Berikut fase persalinan dan ciri-cirinya yang harus diketahui ibu hamil.

Proses persalinan sampai melahirkan memakan waktu yang cukup lama dan tidak singkat. Apalagi ketika menunggu pembukaan 1 sampai 10.

Selain memakan waktu lama, ibu hamil yang menantikan pembukaan 1 sampai 10 sampai melahirkan juga menahan sakit yang luar biasa akibat adanya kontraksi.

Baca Juga: Menimang Kelebihan dan Resiko Bayi Caesar, Usia Kehamilan Berapa yang Tepat untuk Operasi?

Lalu berapa lama sebenarnya waktu pembukaan 1 sampai 10 ketika proses persalinan atau melahirkan?

Dikutip dari American Pregnancy Association, proses persalinan terdiri dari tiga fase sebelum ibu hamil melahirkan buah hati. Yakni fase awal, aktif, dan transisi.

1. Fase Awal

Fase awal persalinan berlangsung 6-10 jam apabila melahirkan anak pertama dan 2-5 jam apabila melahirkan anak kedua atau sebelumnya sudah pernah melahrikan.

Pada fase awal terjadi pembukaan 1 sampai 4. Adapun ciri-ciri fase awal persalinan adalah terjadiya kontraksi namun belum terasa kuat atau sakit dan leher rahim masih dalam pembukaan sedikit.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x