Niat dan Tata Cara Membayar Fidyah Puasa dengan Uang atau Beras untuk Ibu Hamil hingga Orang Meninggal

- 25 April 2022, 09:08 WIB
Ilustrasi beras untuk fidyah. Doa niat dan tata cara membayar fidyah puasa dengan uang atau beras untuk ibu hamil, orang sakit, tua renta, orang meninggal dan terlambat mengqadha puasa Ramadhan.
Ilustrasi beras untuk fidyah. Doa niat dan tata cara membayar fidyah puasa dengan uang atau beras untuk ibu hamil, orang sakit, tua renta, orang meninggal dan terlambat mengqadha puasa Ramadhan. /PIXABAY/congerdesign

BERITA DIY - Simak niat dan tata cara membayar fidyah puasa dengan uang atau beras untuk ibu hamil, orang sakit, tua renta, orang meninggal dan terlambat mengqadha puasa Ramadhan.

Umat Islam yang membayar fidyah baik dengan beras, uang atau gandum hendaknya wajib membaca niat doa.

Jenis harta yang diperbolehkan untuk membayar fidyah berupa makanan matang atau mentah sesuai bahan pokok daerah setempat hingga uang yang setara.

Baca Juga: Bacaan Doa Perjalanan Mudik Lebaran 2022 Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara Agar Selamat Sampai Tujuan

Lantas, berapa kilo dan berapa rupiah uang untuk membayar fidyah puasa?

Dari Islam.nu.or.id, cara membayar fidyah dengan uang versi Hanafiyyah ialah seberat satu sha' (besaran 3,8 kg atau 3,25 kg) per hari puasa yang tidak dilaksanakan dan berlaku kelipatan.

Jika memakai nominal harga gandum, maka menjadi seberat setengah sha’ (1,9 kg atau 1,625 kg) per hari puasa yang tidak dilaksanakan, selebihnya berlaku kelipatan puasa yang ditinggalkan.

Jumlah berat dari makanan pokok (beras atau gandum) tersebut dikonveriskan dalam nilai uang rupiah sesuai harga yang berlaku untuk membayar fidyah.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Yogyakarta Hari Ini Senin, 25 April 2022 Jam Berapa? Doa Berbuka dan Jadwal Sholat Jogja

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x