Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir Batin Artinya Apa? Lengkap Lirik Tulisan Arab dan Jawaban yang Benar

- 22 April 2022, 13:50 WIB
Makna dan arti minal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin lengkap dengan lirik tulisan Arab serta jawaban yang benar.
Makna dan arti minal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin lengkap dengan lirik tulisan Arab serta jawaban yang benar. /PIXABAY/Syaibatul Hamdi

BERITA DIY - Simak arti minal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin lengkap dengan lirik tulisan Arab serta jawaban yang benar.

Meski ucapan minal aidin wal faizin sudah akrab dengan telinga masyarakat umat Islam di Indonesia, namun tak banyak yang mengetahui artinya apa.

Secara terbiasa, ucapan minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin kerap dibacakan saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal.

Baca Juga: Hukum dan Sejarah Ziarah Kubur Idul Fitri Menurut Buya Yahya, Perlu Diketahui Jelang Lebaran

Makna atau arti minal aidin wal faizin

Dilansir dari buku 'Kepak Sayap Bahasa: Kata, Makna, dan Ruang Budaya' karya Fatmawati Adnan (2021), secara harfiah, minal aidin wal faizin artinya adalah 'termasuk dari orang-orang yang kembali sebagai orang yang menang.'

Dalam masa sahabat Rasulullah SAW atau Khulafatur Rasyidin, ucapan minal aidin wal faizin digunakan sebagai rasa bangga atas kemenangan perang.

Karena Ramadhan dianggap sebagai bulan perjuangan, Hari Raya Idul Fitri kerap dianggap sebagai hari kemenangan.

Baca Juga: Ucapan Taqabbalallahu Minna Wa Minkum Artinya Apa di Idul Fitri 2022? Lengkap Jawaban dan Tulisan Arab Latin

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x