Bacaan Niat Zakat Fitrah Teks Arab, Latin, Artinya dan Dilengkapi Doa Penerima Zakat Fitrah

- 21 April 2022, 17:10 WIB
Bacaan niat zakat fitrah teks Arab, bacaan latin dan artinya dilengkapi doa penerima zakat fitrah.
Bacaan niat zakat fitrah teks Arab, bacaan latin dan artinya dilengkapi doa penerima zakat fitrah. /PIXABAY/AhmadArdity

BERITA DIY - Berikut merupakan ketentuan bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, suami, atau orang tua. Simak selengkapnya dari teks bahasa Arab, ejaan latin, artinya hingga doa penerima zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah salah satu ibadah yang diwajibkan kepada umat Islam setiap tahunnya. Zakat fitrah dilakukan ketika bulan Ramadhan hingga sebelum sholat Idul Fitri pada hari lebaran.

Karena bernilai ibadah, zakat fitrah tentu dilaksanakan dengan ikhlas. Selain itu, pelaksanaan zakat juga sangat dianjurkan untuk mengawalinya dengan bacaan niat.

Baca Juga: Cara Menghitung Zakat Mal: Emas, Penghasilan, dan Berapa Jumlah Total yang Harus Dibayarkan?

Bacaan niat dalam artikel ini menyesuaikan dengan kebutuhan karena niat memiliki perbedaan lafaz. Dalam artikel ini akan membahas bacaan niat untuk diri sendiri, suami, istri, anak, dan orang tua.

Perlu di ketahui bahwa tujuan dari pelaksanaan zakat fitrah adalah untuk membersihkan harta umat Islam. Selain itu, tujuan lainnya yakni sebagai penyempurna ibadah di bulan Ramadhan.

Dalam QS. At-Taubah ayat 60, Allah memberikan ketentuan ada delapan golongan orang yang menerima zakat yakni fakir, miskin, amil, mualaf, riqab atau budak, gharimin atau orang yang berhutang untuk hidup. Kemudian fisabilillah atau orang yang berjuang di jalan Allah untuk berdakwah atau menuntut ilmu, dan Ibnu Sabil atau mereka yang kehabisan bekal ketika sedang melakukan perjalanan.

Baca Juga: Besaran Jumlah Zakat Fitrah 2022 yang Dibayar Pakai Uang: Lengkap Cara Bayar Zakat Online di Laman Baznas

Berikut merupakan bacaan niat zakat fitrah sesuai dengan peruntukannya masing-masing:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah