Contoh Teks Kultum Singkat Bulan Ramadhan 2022 tentang Mempersiapkan Bekal Sebelum Kematian

- 8 April 2022, 16:27 WIB
Ilustrasi contoh teks kultum singkat bulan Ramadhan 2022 tentang "Mempersiapkan Bekal Sebelum Kematian".
Ilustrasi contoh teks kultum singkat bulan Ramadhan 2022 tentang "Mempersiapkan Bekal Sebelum Kematian". /PIXABAY/@Skitterphoto

BERITA DIY - Simak teks kultum singkat bulan Ramadhan 2022 tentang "Mempersiapkan Bekal Sebelum Kematian".

Selain ibadah wajib puasa, bulan Ramadhan dianjurkan untuk melaksanakan ibadah sunnah serta kebaikan lainnya yang disarankan oleh Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah menyampaikan atau bahkan mendengarkan kultum pada bulan Ramadhan 2022 yang akan memberikan pengetahuan religi.

Dikutip dari iainkediri.ac.id, 'kultum' merupakan singkatan dari 'kuliah tujuh menit'. Sehingga kultum umumnya disampaikan dengan durasi yang cepat atau singkat.

Baca Juga: Teks Bacaan Bilal Sholat Tarawih 8 Rakaat dan Jawaban Jamaah Dalam Bahasa Arab, Latin Dilengkapi Witir

Kegiatan kultum memang sangat umum pada bulan puasa Ramadhan, namun juga disampaikan tak hanya saat bulan suci tersebut.

Pemilihan tema kultum bisa disesuaikan dengan penyampai. Isi dari kuliah tujuh menit tersebut mengandung unsur bimbingan, pengajaran kisah-kisah, berita gembira, hingga pesan positif untuk dijadikan pedoman kehidupan dunia dan akhirat bagi umat Islam.

Beberapa pendapat juga mengatakan bahwa kultum sama saja dengan ceramah atau dakwan yang dilakukan oleh seseorang (da'i) kepada audiens, pendengar, atau penonton.

Dikutip dari website kemenag.go.id, berikut ini contoh teks kultum di bulan Ramadhan dengan tema "Mempersiapkan Bekal Sebelum Kematian".

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jam Berapa? Maghrib 8 April 2022 di Padang, Medan, Yogyakarta, Jakarta, Pontianak

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x