Puasa Ester Itu Apa? Mengetahui Jenis Puasa dalam Kristen Menurut Alkitab

- 5 April 2022, 14:10 WIB
Ilustrasi salib. Puasa Ester dan jenis puasa lainnya yang terkandung dalam Alkitab.
Ilustrasi salib. Puasa Ester dan jenis puasa lainnya yang terkandung dalam Alkitab. /PIXABAY/geralt

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai apa itu Puasa Ester serta jenis-jenis puasa dalam agama Kristen menurut Alkitab.

Puasa ada tak hanya pada agama Islam saja, namun juga agama lainnya, seperti agama Kristen. Tujuan umat Kristiani melakukan puasa tentu untuk meningkatkan iman dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yesus Kristius.

Puasa merupakan tindakan berpantang makan dari makanan walaupun lapar, kemudian pikiran harus berfokus kepada Tuhan. Selain itu, puasa juga diartikan sebagai doa dan tindakan mengurangi hal-hal duniawi untuk mendapat berkat rohani.

Baca Juga: Lirik dan Chord Dia Lahir untuk Kami Dia Bangkit untuk Kami Medley Lagu Rohani Kristen di Hari Natal

Maka dari itu, apabila ingin memohon pertolongan kepada Tuhan, umat Kristiani juga kerap melakukan puasa, berharap apa yang dihadapi bisa berjalan dengan lancar berkat pertolongan Tuhan.

Berdasarkan apa yang tercatat dalam Alkitab, baik di Perjanjian Lama ataupun Perjanjian Baru, terdapat sederet tokoh dalam Alkitab yang melakukan puasa di antaranya, Daniel, Eter, Elia, Yohanes Pembaptis hingga Ezra.

Puasa Ester merupakan salah satu kategori puasa yang masuk dalam jenis puasa mutlak, yaitu puasa dimana seorang umat tidak makan dan minum sama sekali.

Baca Juga: Apa Arti dan Tujuan Devosi Serta Siapa Bunda Maria dalam Agama Kristen Katolik?

Puasa Ester dilakukan selama 3 hari 3 malam tidak makan dan tidak minum. Kemudian ada puasa Muda dan puasa Yesus yang masuk dalam kategori puasa Mutlak. Puasa Musa dilakukan sama-sama dilakukan selama 40 hari 40 malam dengan tidak makan dan minum.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x