Doa Qunut Subuh NU, Teks Bahasa Arab dan Latin serta Terjemahan dan Tata Cara Baca Doa Ketika Berjamaah

- 4 April 2022, 14:30 WIB
Doa qunut subuh NU, teks bahasa Arab dan latin serta terjemahan dilengkapi dengan tata cara doa ketika Berjamaah.
Doa qunut subuh NU, teks bahasa Arab dan latin serta terjemahan dilengkapi dengan tata cara doa ketika Berjamaah. / PIXABAY/freebiespik

BERITA DIY - Berikut merupakan teks doa qunut subuh NU. Simak teks bacaan doa berbahasa Arab dan latin serta terjemahan serta tata cara membaca doa qunut ketika sholat berjamaah.

Doa qunut adalah salah satu rukun sholat subuh yang belum diwajibkan sebagai rukun sholat. Namun sebagian pandangan menyebutkan bahwa doa qunut semakin menyempurnakan amal ibadah sholat subuh yang dilaksanakan.

Doa qunut banyak diamalkan oleh umat Islam khususnya yang tergabung dalam NU. Hal tersebut karena menganggap bahwa posisi doa qunut cukup penting dalam sholat subuh sehingga tidak bisa ditinggalkan.

Baca Juga: Shalat Subuh Berapa Rakaat? Ini Penjelasan, Tata Cara, dan Bacaan Mulai dari Niat Sampai Salam serta Doa Qunut

NU menjadikan doa qunut sebagai rukun yang tidak bisa dipisahkan dari sholat subuh karena menimbang beberapa hadist nabi dan pandangan ulama. Seperti yang dikatakan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al adzkar.

Dalam kitab tersebut menyebutkan bahwa "Qunut shalat shubuh disunahkan berdasarkan hadits shahih dari Anas bahwa Rasulullah SAW selalu qunut sampai beliau meninggal. Hadits riwayat Hakim Abu Abdullah dalam kitab Arba’in. Ia mengatakan, itu hadits shahih,”

Membaca doa qunut pun tidak menjadi wajib bagi umat Islam yang menjalankan ibadah sholat subuh. Imam Nawawi menganggap bahwa doa qunut bukanlah diwajibkan secara mutlak, melainkan hukumnya adalah sunnah muakkadah.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut, Arab, Latin, Terjemahan, Tersaji Pula Tata Cara Baca Untuk Munfarid dan Jamaah

Maksud dari sunnah muakkadah adalah situasi dimana amalan tersebut bukanlah rukun wajib sholat. Namun pada sisi lainnya meninggalkan doa qunut baik secara sengaja ataupun tidak, sebaiknya melaksanakan sujud sahwi.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x