Bacaan Doa Qunut Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

- 22 November 2021, 17:00 WIB
Ilustrasi: Doa qunut merupakan salah satu amalan saat sholat Subuh. Ini bacaan doa qunut lengkap Bahasa Arab, latin, dan artinya Bahasa Indonesia.
Ilustrasi: Doa qunut merupakan salah satu amalan saat sholat Subuh. Ini bacaan doa qunut lengkap Bahasa Arab, latin, dan artinya Bahasa Indonesia. /Pexels.com/Tima Miroshnichenko/

BERITA DIY - Bacaan doa qunut lengkap dalam Bahasa Arab, latin, dan artinya dalam Bahasa Indonesia. 

Doa qunut menjadi salah satu amalan yang dilakukan saat sholat subuh. Melansir dari NU Online, membaca doa qunut setelah i'tidal di sholat subuh adalah sunnah.

Membaca doa qunut sendiri juga dianjurkan dari para ulama mazhab Syafi’i dan Maliki. Dasarnya adalah adalah hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik:

Baca Juga: Bacaan, Arti dan Manfaat Membaca Doa Qunut Lengkap dengan Penjelasannya

"Rasulullah SAW senantiasa melakukan qunut pada sholat subuh sampai beliau meninggalkan dunia," (HR. Ahmad).

Sementara itu hukum membaca doa qunut saat solat subuh menurut Imam Nawawi adalah sunnah muakkadah atau sangat dianjurkan. Masih menurut Imam Nawawi, dianjurkan melakukan sujud sahwi ketika tidak membaca doa qunut pada saat sholat subuh, baik secara sengaja maupun tidak. Namun meski demikian, jika tidak membaca doa qunut, tidak akan membatalkan sholat. 

Sedangkan menurut Madzhab Hanbali dan Hanafi, membaca qunut tidak dianjurkan untuk dilakukan pada saat sholat Subuh.

Baca Juga: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Artinya Beserta Keutamaannya

"Sesungguhnya Rasulullah SAW tidak berqunut saat sholat fajar (salat subuh), kecuali ketika mendoakan kebaikan atau keburukan untuk suatu kaum," (HR Muslim).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x