Jadwal Buka Puasa Ramadhan Hari Ini: Jogja, Semarang, Surabaya, Jakarta, dan Bandung, Maghrib Jam Berapa?

- 4 April 2022, 15:00 WIB
Ilustrasi. Pengertian ngabuburit, asal kata, dan jam berapa kegiatan ini berlangsung tradisi khas Ramadhan ini.
Ilustrasi. Pengertian ngabuburit, asal kata, dan jam berapa kegiatan ini berlangsung tradisi khas Ramadhan ini. /Freepik/jcomp

BERITA DIY - Simak jadwal buka puasa atau Adzan Maghrib untuk wilayah Jogja, Semarang, Surabaya, Jakarta, dan Bandung.

Dalam menjalankan ibadah puasa, salah satu hal yang wajib untuk dilakukan adalah dengan buka puasa atau menyantap makan dan minum pada saat telah masuk waktu Maghrib.

Ibadah buka puasa sendiri merupakan penutup dari rangkaian pelaksanaan puasa yang telah dilakukan oleh ummat Islam sepanjang hari yang dimulai dengan santap sahur.

Baca Juga: Link Download Bacaan Bilal Sholat Tarawih Ramadhan dan Jawaban Jamaah PDF Serta Apa Manfaat Bilal

Tanda bahwa telah memasuki waktu untuk melaksanakan buka puasa Ramadhan dapat diketahui ketika telah dikumandangkan Adzan Maghrib di beberapa wilayah.

Meski demikian, beberapa wilayah di Indonesia memiliki waktu Adzan Maghrib sebagai penanda memasuki waktu buka puasa Ramadhan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Salah satu penyebab perbedaan waktu buka puasa Ramadhan atau Adzan Maghrib tersebut ialah posisi terbenamnya matahari di beberapa daerah masing-masing.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Realme C31 yang Dijual Hari Ini Awal Ramadhan HP Mulai Rp 1 Jutaan

Jadwal Buka Puasa dan Adzan Maghrib

Agar nantinya tidak ketinggalan, maka berikut merupakan jadwal buka puasa sekaligus dengan Adzan Maghrib di beberapa kota di Indonesia seperti yang dikutip dari Kemenag untuk ibadah puasa pada 2 Ramadhan 1443 H atau Senin 4 April 2022:

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah