Perintah Melaksanakan Puasa Dalam Al Quran untuk Umat Muslim serta Manfaat dan Jadwal Puasa Ramadhan 1443 H

- 29 Maret 2022, 11:38 WIB
Ilustrasi - Penjelasan tentang perintah untuk berpuasa dalam Al-Quran bagi umat muslim, serta informasi lengkap jadwal Puasa Ramadhan 1443 Hijriah hingga manfaat berpuasa.
Ilustrasi - Penjelasan tentang perintah untuk berpuasa dalam Al-Quran bagi umat muslim, serta informasi lengkap jadwal Puasa Ramadhan 1443 Hijriah hingga manfaat berpuasa. /PIXABAY/prithpalbhatia9

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang perintah untuk melaksanakan puasa dalam Al-Quran bagi umat muslim, serta informasi lengkap tentang jadwal Puasa Ramadhan 1443 Hijriah hingga manfaat dari berpuasa.

Puasa adalah bentuk yang dilakukan oleh umat muslim sebagai salah satu Rukun Islam, dimana puasa yang dilakukan oleh umat muslim terbagi menjadi dua yaitu puasa sunnah dan puasa wajib.

Puasa sunnah adalah puasa yang boleh untuk tidak dilakukan, akan tetapi puasa sunnah merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan agar menambah pahala dan mendekatkan diri dengan Allah S.W.T.

Baca Juga: Kapan Puasa Ramadhan 2022 Menurut NU dan Muhammadiyah? Ini Jadwal Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1443 H

Sedangkan puasa wajib adalah puasa yang tidak boleh ditinggalkan oleh umat muslim yang mampu dan sanggup untuk melaksanakannya, akan tetapi dalam beberapa kondisi puasa wajib boleh untuk tidak dilakukan.

Salah satu puasa wajib yang dilakukan umat muslim adalah Puasa Ramadhan, yang dilakukan setiap tahunnya secara serentak oleh umat muslim di seluruh dunia.

Terkait dengan puasa wajib, Puasa Ramadhan 1443 Hijriah akan segera kita jalani bulan April 2022.

Baca Juga: Kapan Sidang Isbat 2022 Dimulai? Ini Jadwal Puasa Muhammadiyah dan Kriteria Awal Ramadhan versi Pemerintah

Puasa yang dimulai dari sebelum matahari terbit hingga matahari terbenam ini, akan diilaksanakan pada tanggal 2 April 2022 hingga 1 Mei 2022 apabila sesuai perhitungan tanggal.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x