6 Cara agar Talenan Kayu Tahan Lama, Bebas Jamur, dan Higienis Saat Digunakan Untuk Keperluan di Dapur

- 22 Maret 2022, 15:10 WIB
ilustrasi -Berikut 6 cara yang bisa dipakai untuk menjaga talenan kayu agar tahan lama, bebas jamur, dan higienis saat digunakan untuk keperluan sehari-hari di dapur.
ilustrasi -Berikut 6 cara yang bisa dipakai untuk menjaga talenan kayu agar tahan lama, bebas jamur, dan higienis saat digunakan untuk keperluan sehari-hari di dapur. / PIXABAY/monicore

BERITA DIY – Simak cara merawat talenan kayu bebas dari jamur dengan mudah dan cepat supaya dapat bertahan dengan lebih lama dan tetap higienis.

Talenan kayu adalah salah satu perangkat dapur yang sering dijumpai di dalam bagian alat masak di rumah tangga. Modelnya yang praktis dan dapat digunakan untuk berbagai keperluan memasak menjadikan keberadaan talenan kayu penting di dapur orang.

Meski banyak model talenan lain seperti yang terbuat dari plastik, banyak ibu-ibu rumah tangga lebih menjatuhkan pilihannya pada model talenan dari kayu karena lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan goresan bekas pisau yang sering dijumpai di talenan plastik.

Baca Juga: 3 Cara agar Konsisten Jadi Orang Berkualitas, Salah Satunya Menjaga Etika

Kayu yang kokoh juga membuat jenis model talenan ini menjadi lebih digemari daripada talenan plastik karena tidak perlu takut pecah saat memotong daging atau bagian tulang dari sapi atau daging merah yang membutuhkan tenaga yang besar.

Tetapi, karena talenan kayu ini terbuat dari bahan kayu organik, talenan model ini mudah sekali terkena jamur atau bahkan menghitam di berbagai sisi.

Hal ini dikarenakan talenan kayu yang habis dipakai sering kali tidak langsung dibersihkan sehingga air atau bekas makanan membuat bagian dalam kayu jadi membusuk dan menghitam.

Baca Juga: Cara Memakai Parfum agar Wangi Tahan Lama: Tips Anti Boros, Tubuh Harum Sepanjang Hari Jadi Makin Percaya Diri

Nah, perlu diperhatikan ketika talenan kayu sudah menghitam dan membusuk, talenan kayu akan jadi rawan dijangkiti jamur dan bakteri.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah