Tata Cara, Dalil Hadis, Bacaan Niat, dan Keutamaan Puasa Nisfu Syaban pada Tanggal Jumat 18 Maret 2022

- 17 Maret 2022, 17:15 WIB
Tata cara, dalil hadis, bacaan niat, dan keutamaan melakukan Puasa Nisfu Syaban yang jatuh pada hari Jumat, 18 Maret 2022.
Tata cara, dalil hadis, bacaan niat, dan keutamaan melakukan Puasa Nisfu Syaban yang jatuh pada hari Jumat, 18 Maret 2022. /PIXABAY/pexels

BERITA DIY – Simak tata cara, keutamanan, niat, dan dalil Puasa Nisfu Syaban yang jatuh besok, Jumat, 18 Maret 2022.

Berdasarkan Surat Pengumuman Nomor 005/LF-PBNU/III/2022 yang dikeluarkan Lembaga Falakiyah PBNU yang ditandatangani pada Kamis, 3 Maret 2022, Nisfu Syaban 2022 disepakati jatuh pada hari Jumat, 18 Maret 2022.

Nisfu Syaban sendiri adalah malam dibukanya 300 pintu rahmat dan pintu ampunan oleh Allah SWT bagi umat Islam. Selain sebagai tanda merayakan pertengahan bulan atau Ayyamul Bidh, Nisfu Sya’ban juga berarti tanda mendekatnya bulan yang dirindukan oleh segenap umat Islam di seluruh dunia, yaitu Ramadan.

Baca Juga: Puasa Nisfu Sya'ban 2022 Jatuh Pada 18 Maret : Bacaan Niat lengkap dengan Arab, Latin, dan Artinya

Malam Nisfu Syaban pun disebut sebagai malam yang istimewa, karena sejarah mencatat ada banyak peristiwa yang terjadi pada bulan tersebut. Tepat pada malam Nisfu Syaban, umat islam mengenang sebagai malam diubahnya arah kiblat dari Masjidil Aqsa ke arah Ka’bah.

Dalam tata bahasanya Nisfu memiliki arti pertengahan sementara Syaban merujuk pada bulan kedelapan dalam 12 bulan penanggalan Islam.

Jadi, Nisfu Syaban memiliki arti pertengahan bulan kedelapan atau pada tanggal ke-15 di dalam bulan Syaban dalam kalender Hijriah.

Baca Juga: Sholat Nisfu Syaban 2022 Tanggal Berapa? Ini Bacaan Niat Sholat dan Amalan serta Doa Malam Nisfu Syaban

Berbeda dengan penanggalan biasa yang perpindahan harinya dimulai di tengah malam, penanggalan islam dimulai ketika matahari tenggelam. Jadi, malam ini Kamis, 17 Maret 2022, kita sudah resmi memasuki malam Nisfu Syaban.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x