Apa Itu KIPI Pasca Vaksin COVID-19? Ini Hal yang Harus Dilakukan Jika Terjadi Gejala Setelah Vaksinasi

- 11 Maret 2022, 20:54 WIB
Ilustrasi suntik vaksin COVID-19, apa itu KIPI pasca vaksinasi dan cara mengatasi gejalanya.
Ilustrasi suntik vaksin COVID-19, apa itu KIPI pasca vaksinasi dan cara mengatasi gejalanya. /ANTARA/Adiwinata Solihin

BERITA DIY - Apa yang dimaksud dengan KIPI pasca vaksinasi COVID-19? Mengapa setelah vaksinasi booster badan menjadi pegal-pegal? Simak penjelasan mengenai pengertian KIPI dan apa yang harus dilakukan jika terjadi gejala setelah vaksinasi.

Pasca vaksinasi COVID-19, umumnya gejala KIPI dapat terjadi setelah vaksinasi atau imunisasi yang diduga terkait dengan vaksinasi atau imunisasi yang diberikan.

Sebagaimana diketahui, program vaksinasi hingga booster masih terus berlanjut untuk  mewujudkan herd immunity atau imunitas masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Mengapa Setelah Vaksinasi Booster Badan Jadi Pegal-Pegal? Ini Efek Samping dan Cara Lapor Gejala Pasca Vaksin

Masyarakat yang melakukan vaksinasi COVID-19 dan mengalami efek samping seperti pegal-pegal, demam, atau sakit yang lain hal itu disebut dengan gejala KIPI.

Dilansir dalam covid19.go.id, KIPI atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi adalah gejala medis yang dapat terjadi setelah vaksinasi atau imunisasi yang diduga terkait dengan vaksinasi atau imunisasi yang diberikan.

Selain itu, KIPI menimbulkan reaksi yang mungkin terjadi pada seseorang setelah menerima vaksin COVID-19. Meskipun tak semua orang mengalaminya, reaksi yang terjadi adalah hal yang wajar.

Baca Juga: Cara Cek Online Lokasi Vaksinasi Covid-19 di Google Maps Pakai HP, Warga Jakarta Bisa Pilih yang Terdekat

Pada umumnya, KIPI bersifat sementara dan ringan, serta akan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x