Umur Berapa Anak Mulai Belajar Puasa Ramadhan? Ini Usia dan Cara Mengedukasi Anak untuk Belajar Puasa

- 8 Maret 2022, 18:45 WIB
Ilustrasi - Umur yang baik untuk anak belajar Puasa Ramadhan dan cara mengedukasinya. Umur yang Ideal untuk anak belajar puasa adalah umur tujuh tahun.
Ilustrasi - Umur yang baik untuk anak belajar Puasa Ramadhan dan cara mengedukasinya. Umur yang Ideal untuk anak belajar puasa adalah umur tujuh tahun. /PIXABAY/15329403

BERITA DIY – Simak berikut ini umur yang baik untuk anak belajar Puasa Ramadhan dan cara mengedukasinya untuk mulai belajar berpuasa.

Sebentar lagi kita sebagai umat Muslim akan melaksankan ibadah Puasa Ramadhan. Puasa Ramadhan tahun 2022 ini jatuh pada tanggal 2 April 2022 hingga tanggal 30 April 2022.

Ramadan adalah bulan kesembilan dalam kalender Hijriah, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad SAW menurut keyakinan umat Muslim.

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Syaban atau Maret: Ada Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, hingga Puasa Daud Beserta Niat

Puasa Ramadhan merupakan salah satu dari rukun Islam.Mungkin bagi kita yang sudah baliq atau sudah dewasa menjalankan ibadah puasa sudah terbiasa dan merupakan kewajiban.

Namun, bagaimana dengan anak kecil? Sebagai orangtua baiknya mengajarkan ibadah puasa kepada anak sejak dini.

Lantas, umur berapa anak bisa mulai untuk belajar puasa? Dikutip dari antaranews menurut Dokter Spesialis Anak Konsultan Nutrisi Metabolik yaitu Cut Nurul Hafifah mengatakan bahwa anak dapat diajari atau belajar berpuasa ketika berusia tujuh tahun.

Baca Juga: Puasa Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Kapan Nisfu Syaban dalam Kalender Hijriyah 1443

“Pada usia ini (7 tahun) dampak Kesehatan yang tidak diinginkan akibat berpuasa semakin jarang ditemui,” kata Cut yang dikutip oleh Berita DIY dari antaranews Selasa, 8 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x