Jadwal Puasa Sunnah di Bulan Syaban atau Maret: Ada Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, hingga Puasa Daud Beserta Niat

- 6 Maret 2022, 21:09 WIB
Ilustrasi jadwal puasa sunnah di bulan Syaban, ada Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, hingga puasa Daud.
Ilustrasi jadwal puasa sunnah di bulan Syaban, ada Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, hingga puasa Daud. /PEXELS/Engin Akyurt.

BERITA DIY - Simak jadwal beserta niat puasa sunnah bulan Syaban atau bulan Maret 2022, ada Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, hingga puasa Daud.

Tanggal 4 Maret 2022 merupakan diawalnya bulan Syaban 1443 Hijriyah atau bulan ke delapan dalam penanggalan Islam dan satu bulan sebelum Ramadhan.

Umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa sunnah tak terkecuali di bulan Syaban atau Maret 2022, di antaranya Senin-Kamis, Ayyamul Bidh, hingga puasa Daud.

Baca Juga: Puasa Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Kapan Nisfu Syaban dalam Kalender Hijriyah 1443

Bulan Syaban adalah saat di mana umat Muslim dianjurkan berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan dan ibadah terutama sebagai persiapan bulan puasa Ramadhan.

Bahkan, Rasulullah SAW melakukan ibadah puasa sunnah paling banyak di bulan Syaban dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Dikatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berpuasa hampir satu bulan Syaban penuh kecuali satu atau dua hari di akhir bulan agar tak mendahului puasa Ramadhan.

Baca Juga: Keutamaan Malam Nishfu Syaban dan Amalan yang Bisa Dilakukan pada Bulan Syaban

Hadits dari Aisyah RA mengatakan:

“Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunah) di bulan Syaban.” (HR. Bukhari no. 1969 dan Muslim no. 1156).

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x