Sejarah dan Tujuan Berdirinya KKB Papua, yang Baru-baru Ini Lakukan Penyerangan Terhadap Delapan Orang Pekerja

- 8 Maret 2022, 16:25 WIB
Ilustrasi - Sejarah dan tujuan berdirinya KKB atau Kelompok Kriminal Bersenjata Papua, yang masih melakukan penyerangan.
Ilustrasi - Sejarah dan tujuan berdirinya KKB atau Kelompok Kriminal Bersenjata Papua, yang masih melakukan penyerangan. /Pixabay/Clker-Free-Vector-Images

BERITA DIY - Simak informasi tentang sejarah dan tujuan berdirinya KKB atau Kelompok Kriminal Bersenjata Papua, yang masih melakukan penyerangan.

Keberadaan KKB Papua memang sudah menjadi rahasia publik terutama di Indonesia dengan beberapa kabar penyerangan yang mereka lakukan.

Terbaru, KKB Papua melakukan penyerangan sekaligus pembantain terhadap delapan orang pekerja perbaikan tower BTS 3 Telkomsel di Kampung Jenggereng, Beoga Barat.

Baca Juga: Profil 3 Prajurit TNI yang Tewas Ditembak KKB di Papua

Banyak orang yang menyebut KKB juga bisa disebut sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM).

Sementara OPM sendiri adalah istilah umum untuk gerakan prokemerdekaan tanah Papua yang diawali atas sikap pemerintah Indonesia sejak tahun 1963 kepada Papua.

Gerakan prokemerdekaan dari tanah Papua ini adalah salah satu imbas dari perlakuan pemerintah yang tidak adil kepada masyarakat Papua.

Baca Juga: Sarankan yang Tidak Mendukung TNI untuk Gabung Teroris KKB Papua, Ferdinand: agar Bisa Ditumpas Sekalian

Perlawanan OPM secara bersenjata dilakukan pertama kalinya di Manokrawi pada tanggal 26 Juli 1965.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x