Khasiat Ayat Summun Bukmun Umyun Fahum dan Artinya, Ini Asbabun Nuzul Al Baqarah 171

- 3 Maret 2022, 13:37 WIB
Ilustrasi kalimat  Shummun bukmun umyun fahum mampu membuat orang tak berdaya.
Ilustrasi kalimat Shummun bukmun umyun fahum mampu membuat orang tak berdaya. /Pixabay.com/@Konevi

BERITA DIY - Simak khasiat ayat Summun Bukmun Umyun Fahum dan artinya, berikut asbabun Nuzul Al Baqarah 171.

Kalimat Summun bukmun umyun sudah tidak asing di telinga umat Muslim. Kalimat tersebut berasal dari surat Al-Baqarah ayat 171. Kalimat Summun bukmun umyun fahum mengandung arti mereka tuli, bisu, dan buta.

Surat Al-Baqarah memiliki arti sapi betina. Berdasarkan urutan dalam Alquran, Surat Al-Baqarah berada pada urutan surat ke 2 dan menjadi surat terpanjang dalam Al-quran, yaitu sejumlah 286 ayat.

Baca Juga: Sejarah Hari Raya Nyepi 2022, Tata Cara Upacara dan Makna Tahun Baru Saka untuk Umat Hindu

Surah Al Baqarah mengandung kisah tentang penciptaan Nabi Adam,Bani Israil, penyembahan sapi, pembangkakan setan, hingga penjelasan mengenai iman yang dimiliki orang-orang Mukmin.
Salah satu kisahnya terdapat dalam ayat yang ke-171 yang berbunyi :

Wa maṡalullażīna kafarụ kamaṡalillażī yan'iqu bimā lā yasma'u illā du'ā`aw wa nidā`ā, ṣummum bukmun 'umyun fa hum lā ya'qilụn

Artinya, Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti.

Baca Juga: Kalender Islam Maret 2022, Bulan Rajab hingga Syakban 1443 Hijriyah: Apakah Ada Hari Besar di Bulan Itu?

Berdasarkan tafsir dari Al-Mukhtashar/Markaz Tafsir Riyadh, di bawah pengawasan Syaikh Dr.Shalih bin Abudllah bin Humaid (Imam Masjidil Haram), Surat Al-baqarah 171 mengandung arti perumpamaan orang-orang kafir yang mengikuti leluhur mereka seperti penggembala yang berteriak kepada binatang gembalanya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x