Profil Lengkap Arifin Panigoro yang Tutup Usia di Amerika Serikat, Pendidikan, Pekerjaan hingga Pengusaha Apa

- 28 Februari 2022, 12:15 WIB
Arifin Panigoro merupakan Anggota Dewan Presiden yang lahir di Bandung, 14 Maret 1945.
Arifin Panigoro merupakan Anggota Dewan Presiden yang lahir di Bandung, 14 Maret 1945. /Instagram.com/@Medcofoundation

BERITA DIY - Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Arifin Panigoro tutup usia pada Senin, 28 Februari 2022. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Mayo Clinic, Amerika Serikat (AS) pada 27 Februari waktu setempat.

Arifin merupakan lulusan S1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973. Setelah itu dia melanjutkan studinya di Senior Exsecutive Programme Institute of Business Administration, Prancis dan lulus tahun 1979.

Arifin Panigoro dikenal sebagai pengusaha nasional yang bergerak di bidang energi asal Gorontalo. Arifin mendirikan Meta Epsi Drilling Company atau PT Medco Energi Internasional Tbk. Dia sudah menggeluti bisnis di Industri emas hitam dari 40 tahun yang lalu.

Baca Juga: Biodata dan Profil Paris Fernandes 'Salam dari Binjai' yang Melawan Jekson Karmela, Ngaku Dulunya Petinju Pro

Keberhasilan Arifin membangun Medco Energi Internasional pada tahun 1980 membuat banyak orang akhirnya menjuluki Arifin sebagai ‘Raja Minyak Gorontalo’ diikuti dengan langkahnya mengakuisisi berbagai blok Migas Internasional di tanah air.

Sementara itu, Arifin juga sempat terjun ke dunia politik dengan bergabung dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tahun 1999, dan pernah menjadi ketua DPP dan Ketua Fraksi PDIP pada 2002-2003.

Arifin lahir di Bandung, Jawa Barat pada 14 Maret 1945, ketika Jepang masih menduduki Indonesia. Orang tuanya berasal dari Gorontalo yang merantau ke pulau Jawa sebelum kemerdekaan.

Baca Juga: Profil Volodymyr Zelensky Mantan Pelawak yang Jadi Presiden Ukraina: Biodata, Asal Lahir, Istri hingga Twitter

Berikut ini merupakan profil lengkap Arifin Panigoro.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x