Isra Mi'raj Terjadi pada Tanggal Berapa? Ini Rangkuman Hikmah yang Bisa Diambil

- 26 Februari 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi - Kapan tanggal peristiwa Isra Mi'raj Masehi dan Hijriyah serta hikmah atau tauladan.
Ilustrasi - Kapan tanggal peristiwa Isra Mi'raj Masehi dan Hijriyah serta hikmah atau tauladan. /PIXABAY/@freebiespic

BERITA DIY - Ini penjelasan tanggal berapa peristiwa Isra Mi'raj lengkap dengan rangkuman hikmah yang dapat diambil dan dijadikan tauladan oleh ummat Islam.

Salah satu peristiwa yang diperingati oleh segenap ummat Islam adalah Isra Mi'raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW sebagai junjungan dan tauladan segenap ummat Islam.

Kejadian atau peristiwa Isra Mi'raj disebutkan dari berbagai sumber merupakan perjalanan spiritual yang dilaksanakan oleh Nabi Muhammad untuk menerima berbagai firman atau perintah dari Allah SWT.

Baca Juga: 15 Ucapan Isra Miraj Nabi Muhammad 2022 atau 1443 H Cocok untuk Status WhatsApp atau di Kirim Ke Teman

Adanya peristiwa Isra Mi'raj ini sendiri seperti yang dikutip dari kemenag.go.id, merupakan suaru perjalanan spiritual Nabi Muhammad yang dilakukan tepatnya pada malam 27 Rajab di tahun ke-12 kenabian yang diwahyukan untuknya.

Dalam peristiwa perjalanan spiritual yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW ini seperti banyak dikutip dari berbagai sumber dirinya tidak melakukannya sendiri, melainkan didampingi oleh Malaikat Jibril.

Pada malam Isra Mi'raj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dengan Malaikat Jibril tersebut dimulai dari beberapa tempat sebelum nantinya menerima wahyu dari Allah SWT. Beberapa tempat itu seperti Masjidil Haram dan Masjidil Aqsa.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat Soal Isra Mi'raj di Bulan Rajab Lengkap dengan Doanya

Sedangkan proses untuk mendapatkan wahyu atau perintah dari Allah SWT dalam peristiwa Isra Mi'ra itu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW bersama dengan Malaikat Izrail dan mendapatkan beberapa perintah.

Lebih lanjut, pada tahun 2022 kali ini ummat Islam juga nantinya akan memperingati peristiwa Isra Mi'raj tersebut seperti dengan tanggal atau waktu kejadian penerimaan wahyu itu berlangsung.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x