Kapan Peringatan Isra Miraj 2022 dan Benarkan Hari Libur Digeser pada 1 Maret 2022? Berikut Penjelasannya

- 22 Februari 2022, 15:18 WIB
Ilustrasi - Beredar isu pergeseran hari libur peringatan Isra Miraj 2022 pada 1 Maret 2022 ini, berikut penjelasannya mengenai hari libur sesuai dengan keputusan pemerintah.
Ilustrasi - Beredar isu pergeseran hari libur peringatan Isra Miraj 2022 pada 1 Maret 2022 ini, berikut penjelasannya mengenai hari libur sesuai dengan keputusan pemerintah. /Pexels.com/pixabay

BERITA DIY – Berikut penjelasan kapan peringatan Isra Miraj tahun 2022 dan apakah mengenai hari libur Isra Miraj 2022 digeser pada 1 Maret 2022? berikut penjelasannya.

Isra Miraj merupakan salah satu peristiwa penting yang dialami Nabi Muhammad SAW. Peristiwa yang terjadi pada 27 Rajab di tahun kedelapan kenabian beliau.

Isra Miraj merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW. dimana beliau melakukan perjalanan dari Mekkah ke Masjid al-Aqsa Di Yerusalem, yang kemudian dilanjutkan ke surga. Perjalanan panjang ini dilakukan dalam waktu satu malam.

Baca Juga: Daftar Libur Nasional Tanggal Merah 2022 Resmi, Terdekat 28 Februari! Ada Peringatan Isra Miraj

Sedangkan Isra Miraj secara bahasa berasal dari dua kata, yakni Isra yang berasal dari kata asra-yuri-isra yang memiliki arti memperjalankan. Sedangkan Miraj berarti alat naik dan tangga.

Peristiwa tersebut terjadi pasca meninggalnya Khadijah RA. dan pamannya Abu Thalib. Dua orang tersebut orang paling dicintai Nabi Muhammad, oleh karena itu selama masa berkabung dengan meninggalnya para orang tercinta Nabi dianggap sebagai ujian terberat beliau.

Peristiwa Isra Miraj tersebut diabadikan dalam al-Quran surat Al Isra pada ayat 1, berikut artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari al-Masjidil haram ke Masjidil Aqsha yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepada sebagai tanda-tanda kebesaran kami. Sesungguhnya Dia adalah maha mendengar lagi Maha Melihat.

Baca Juga: Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli Muslim Beserta Dasar-dasarnya dari Ayat Al-Quran

Pentingnya peristiwa tersebut dalam kehidupan rohani umat muslim, kemudian Isra Miraj dimasukkan dalam daftar hari libur nasional tiap tahunnya dan peringatan hari besar Islam (PHBI).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x