Pengertian Ilmu Kalam Menurut Para Ahli Muslim Beserta Dasar-dasarnya dari Ayat Al-Quran

- 19 September 2021, 14:04 WIB
ILUSTRASI - Simak apa itu ilmu kalam dari para cendekiawan Muslim beserta lima ayat Al-Quran yang menjadi dasar pengembangannya.
ILUSTRASI - Simak apa itu ilmu kalam dari para cendekiawan Muslim beserta lima ayat Al-Quran yang menjadi dasar pengembangannya. /PEXELS/gr-stocks-1716147

BERITA DIY - Simak pengertian ilmu kalam dari para ahli atau cendekiawan Muslim beserta dasar-dasar ilmu berdasarkan ayat Al-Quran. Sebagai pemantik, ilmu kalam merupakan ilmu yang mengulas tentang ketuhanan sembari menggunakan logika.

Menurut Al Adwan dkk (2014) dalam jurnal berjudul "The Origin of the Science of Ilmu Al-Kalam" ilmu kalam adalah upaya untuk memahami iman dan agama dengan penalaran yang logis berdasarkan bukti rasional.

Ahmad Hanafi dalam "Teologi Islam (Ilmu Kalam)" berargumen bahwa ilmu kalam merupakan ilmu yang membicarakan tentang wujudnya Tuhan (Allah SWT), sifat yang ada pada-Nya, sifat yang tidak ada, dan sifat yang mungkin ada.

Baca Juga: Doa Ketika Turun Hujan disertai Angin Kencang, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Selain itu, ilmu kalam juga mengulas tentang Rasul-rasul Allah SWT untuk menetapkan kerasulannya dan mengetahui sifat-sifat yang ada, sifat-sifat yang tidak mungkin ada, dan sifat-sifat yang mungkin ada.

Sementara itu, Harun Nasution dalam "Teologi Islam Aliran-aliran Sejarah Analisa Perbandingan" mengatakan ilmu kalam adalah kata-kata yang muncul dari pemahaman sabda Tuhan atau Al-Quran dan kata-kata dari manusia.

Lebih lanjut, Dr. H. Achmad Muhibbibin Zuhri, M.Ag. (2013) dalam "Aqidah Ilmu Kalam" mepertegas bahwa ilmu kalam memperlajari tentang ikatan/keyakinan seseorang tentang masalah ketuhanan dengan menggunakan dalil-dalil beserta alasan yang rasional.

Baca Juga: Keutamaan dan Bacaan Ayat Seribu Dinar dalam Bahasa Arab dan Indonesia: Rezeki Selalu Mengalir Setiap Hari

Seperti yang telah disebutkan bahwa ilmu kalam merujuk pada ketuhanan. Terdapat beberapa ayat Al-Quran yang menyinggung hal tersebut, di antaranya:

1. QS. Al-Ikhlas ayat 3 dan 4

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x