Apa Itu Ratibul Haddad? Simak Sejarah, Pengertian, Pencipta, dan Manfaat atau Keutamaan bagi Pembacanya

- 28 Oktober 2021, 16:21 WIB
Ilustrasi - Simak penjelasan apa itu arti Ratibul Haddad beserta sejarah, pencipta, dan keutamaan bagi yang membacanya.
Ilustrasi - Simak penjelasan apa itu arti Ratibul Haddad beserta sejarah, pencipta, dan keutamaan bagi yang membacanya. /UNSPLASH/imadalassiry

BERITA DIY - Simak penjelasan apa itu Ratibul Haddad yang meliputi sejarah, pencipta, pengertian, dan manfaat atau keutamaan bagi yang membacanya.

Ratibul Haddad menjadi trending di pencarian Google hari ini, Kamis, 28 Oktober 2021. Lalu, apa yang dimaksud dengan Ratibul Haddad? Baca tulisan ini sampai akhir.

Mengacu pada laman kalsel.kemenag.go.id, pengertian Ratibul Haddad adalah kumpulan bacaan ayat Al-Quran, sholawat, dzikir, dan doa yang disusun oleh seorang keturunan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Bacaan Doa Ratibul Al Haddad dalam Bahasa Arab dan Tulisan Latin Beserta Keutamaannya

Pembina Keagamaan MTsN 4 Tabalong H. Abd. Rahim, S.Ag menjelaskan bahwa sejarah kemunculan Ratibul Al-Haddad disusun oleh seorang alim ulama bernama Allamah Al-Habib Abdullah bin Alwy Al-Haddad berdasarkan hadist sahih.

"Beliau adalah seorang keturunan dari keluarga Nabi Muhammad SAW yang nasabnya bersambung sampai ke Fatimah, puteri Rasulullah SAW," jelasnya, dikutip dari kalsel.kemenag.go.id.

Lebih lanjut, kumpulan doa dan dzikir tersebut merupakan inspirasi dari malam Lailatul Qodar 27 Ramadhan tahun 1071 H.

Baca Juga: Lirik Bacaan Doa 1000 Kali Sholawat Jibril untuk Kekayaan Agar Mustajab! Arab Latin dan Artinya

Bacaan doa dan ayat yang terhimpun dalam Ratibul Haddad ini diambil dari kitab suci Al-Quran dan hadits Rasulullah SAW, di mana masing-masing bacaan sebanyak tiga kali yang merupakan bilangan ganjil.

Sumber lain mengatakan Al-Habib menyusun bacaan tersebut atas permintaan dari seorang murid bernama Amir dari perkampungan di Hadramaut, Yaman.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x