Cara Pakai Masker Dobel yang Benar dan Tetap Nyaman

- 5 Juli 2021, 14:30 WIB
ILUSTRASI: Cara pakai masker dobel atau masker ganda yang benar untuk cegah penularan Covid-19.
ILUSTRASI: Cara pakai masker dobel atau masker ganda yang benar untuk cegah penularan Covid-19. /PIXABAY/Anrita1705

BERITA DIY – Mengetahui cara pakai masker dobel yang benar dapat membuat kamu nyaman beraktivitas meski harus memakai masker ganda.

Waspada akan tingginya kasus positif Covid-19 di Indonesia, pemerintah menghimbau masyarakat untuk memakai masker dobel guna mencegah penularan virus Corona.

Himbauan pemakaian masker dobel tersebut disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Kementerian, Siti Nadia Tarmizi untuk menekan penularan varian virus baru yang dilaporkan cepat menular.

Baca Juga: COVID-19 Bermutasi, Diimbau Pakai Masker Double, Simak Cara Pakainya dengan Benar

“Mengapa masyarakat perlu memakai masker ganda, bila perlu menggunakan masker dobel, karena masker kain saja di bagian kiri kanannya masih ada yang bolong. Jadi, semakin sangat memungkinkan untuk terjadi penularan,” terang Siti Nadia Tirmizi, seperti dikutip dari ANTARANEWS, 29 Juni 2021.

Siti Nadia menambahkan, laporan dari Australia mengungkapkan kecepatan penularan dari varian Delta ini bahkan sampai 10 hingga 15 detik saat seseorang tersebut berpapasan dan tanpa masker sudah dapat membuatnya positif tertular.

Sementara itu, dikutip dari laman Instagram resmi Satgas Bidang Perubahan Perilaku, masker ganda lebih efektif dapat menyaring virus Covid-19 sampai 90 persen dan mengantisipasi varian baru yang lebih tertular. Penelitian tersebut merupakan hasil studi Centers for Disease Control and Prevention (CDC).

Baca Juga: Positif Covid-19? Ini 8 Panduan Isolasi Mandiri di Rumah: Tetap Gunakan Masker dan Selalu Cek Suhu

Lalu, bagaimana cara memakai masker dobel yang benar dan tetap membuat nyaman, berikut penjelasannya:

Perlu diketahui bahwa teknik penggunaan masker ganda (double masking) ini bertujuan untuk mengurangi celah di antara wajah yang kemungkinan tidak tertutup sempurna jika hanya menggunakan satu masker saja.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x