Intip Materi, Contoh Soal, dan Link Simulasi Gratis SKD dan SKB Seleksi CPNS dan PPPK 2021

- 23 Mei 2021, 12:24 WIB
Ilustrasi - Belajar sebelum mengerjakan tes CPNS dan PPPK.
Ilustrasi - Belajar sebelum mengerjakan tes CPNS dan PPPK. /Tangkapan Layar: Instagram.com/@pknstan

BERITA DIY - Dalam tahapan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2021 diprediksi tidak akan berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni menggunakan SKD dan SKB.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) merupakan tahap tes yang pertama setelah proses administrasi selesai. Pada 2020 lalu, dalam tahap SKD, peserta diberi 100 soal pilihan ganda menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dalam waktu 90 menit.

Setelah dinyatakan lolos dari tes SKD, para peserta akan melakukan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Di mana materi pada tes ini akan ditentukan oleh posisi formasi dan jabatan yang dipilih.

Baca Juga: Sebelum Daftar, Ketahui Apa Itu SKD dan SKB CPNS dan PPPK 2021

Materi dan contoh soal SKD

Materi SKD yang akan diujikan meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing punya sekitar 30 soal.

Pada tes CPNS 2020 lalu, TWK terdiri atas 30 soal. Peniliaiannya meliputi penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nasionalisme, integritas, bela negara, pilar negara, dan Bahasa Indonesia.

Materi utama dalam TWK terdiri atas pengetahuan sejarah perjuangan bangsa, peranan Indonesia di regional dan global, kemampuan berbahasa Indonesia, dan sistem tata negara Indonesia, baik pusat maupun daerah.

Baca Juga: Catat! Berikur 12 Formasi CPNS yang Sepi Peminat, Peluang Lolos Lebih Besar

Berikut contoh soal-soal TWK untuk seleksi CPNS 2021.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X