Kemensos Hapus 21 Juta Penerima Bansos, Segera Cek Namamu di Link cekbansos.kemensos.go.id

- 22 April 2021, 14:04 WIB
ILUSTRASI: Sebanyak 21 juta gagal terima Bansos.
ILUSTRASI: Sebanyak 21 juta gagal terima Bansos. /Dok. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/rwa

BERITA DIY – Kementerian Sosial (Kemensos) melakukan penonaktifan data sebanyak 21 juta penerima Bantuan Sosial (Bansos) pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Masyarakat dapat cek apakah pada bulan ini menjadi penerima Bansos PKH, BST, maupun BPNT melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id.

Link https://cekbansos.kemensos.go.id merupakan aplikasi web yang digunakan untuk memantau alur pencairan Bansos BST, PKH, dan BPNT.

Baca Juga: Cek Bansos PKH, BST, dan BNPT Kini Bisa Melalui cekbansos.kemensos.go.id, Begini Caranya

“Melalui aplikasi ini, publik dapat memantau penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya,” ungkap Menteri Sosial Tri Rismaharini, seperti dikutip dari ANTARANEWS, Rabu, 21 April 2021.

Kemensos melakukan penonaktifan data pada penerima Bansos seperti yang memiliki data ganda, meninggal dunia, pindah domisili, dan lain sebagianya.

Pihak Kemensos juga meminta Pemerintah Daerah untuk terus melaporkan pembaruan data untuk memperbaharui DTKS pada pekan pertama dan kedua setiap bulannya.

Baca Juga: Tutup Hari Ini! Buruan Login www.prakerja.go.id Daftar Pelatihan Kartu Prakerja agar Dapat Rp 2,55 Juta

Pasalnya, saat ini terdapat hampir 21,1 juta data telah dinonaktifkan Kemensos setelah dilakukan pengotrolan pada DTKS.

“New DTKS ini karena kita melakukan pengontrolan data sehingga ada hampir 21,1 juta data yang kita tidurkan,” terang Mensos Tri Rismaharinini, dikutip dari ANTARANEWS, Rabu, 21 April 2021.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x