Cek Bansos PKH, BST, dan BNPT Kini Bisa Melalui cekbansos.kemensos.go.id, Begini Caranya

- 22 April 2021, 12:18 WIB
Cek Bansos PKH, BST dan BNPT melalui https://cekbansos.kemensos.go.id.
Cek Bansos PKH, BST dan BNPT melalui https://cekbansos.kemensos.go.id. /tangkapan layar/cekbansos.kemensos.go.id

BERITA DIY – Penerima Bantuan Sosial dari Kementrian Sosial (Kemensos) bisa cek penerima bantuan melalui aplikasi berbasis web https://cekbansos.kemensos.go.id bukan lagi melalui dtks.kemensos.go.id.

Melalui link https://cekbansos.kemensos.go.id penerima bansos bisa langsung mengecek bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan menyebutkan nama dan desa kelurahan tempat tinggalnya.

Mensos, Tri Rismaharini mengatkan melalui https://cekbansos.kemensos.go.id masyarakat bisa memantau data bansos yang telah disalurkan maupun yang masih dalam proses penyaluran.

Baca Juga: Tutup Hari Ini! Buruan Login www.prakerja.go.id Daftar Pelatihan Kartu Prakerja agar Dapat Rp 2,55 Juta

Dikutip dari laman resmi Kemensos, peluncuran aplikasi berbasis web ini merupakan tindak lanjut perbaikan DTKS yang dilakukan oleh Kemensos.

Perbaikan data dilakukan guna memastikan seluruh data memiliki identitas tunggal dan Nomer Identitas Kependudukan (NIK) yang padan dengan data kependudukan yang dikelola Kementerian Dalam Negeri dalam hal ini Direktorat Jenderal Kependudukan dan pencatatan sipil.

“DTKS sepanjang bulan Maret telah dipulihkan integritasnya dan ditetapkan pada 1 April 2021 melalui Kepmensos No 12/HUK/2021 sehingga menjadi New DTKS,” kata Mensos, Tri Rismaharini dikutip dari keterangan resmi Kemensos, Kamis, 22 April 2021.

Baca Juga: Komisi Pemberantasan Korupsi Bermasalah, Mantan Jubir KPK Febri Diansyah Sindir dengan Jelaskan Makna Logo KPK

Risma berharap aplikasi ini dapat memenuhi hak Informasi Publik dan meningkatkan transparansi penyaluran bantuan sosial.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: kemensos.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x