Tips Psikolog: Cara Buat Suasana Hati Tetap Positif Selama Puasa

- 20 April 2021, 20:22 WIB
Tips Psikolog: cara buat suasana hati tetap positif selama puasa Ramadhan 1442 H atau 2021 M agar puasa tetap lancar.
Tips Psikolog: cara buat suasana hati tetap positif selama puasa Ramadhan 1442 H atau 2021 M agar puasa tetap lancar. /Pixabay/DanaTentis

BERITA DIY - Mau tau caranya menjaga suasana hati tetap positif selama berpuasa di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini? Psikolog klinis dari Universitas Indonesia Tara de Thouars, BA, M.Psi, Psi membagikan sejumlah kiat sederhana.

Tara mengungkapkan bahwa cara pertama yang harus dilakukan secara sadar ialah menerima kenyataan bahwa pandemi memang masih ada.

"Menerima keadaan, jangan menyesali sesuatu yang tidak bisa diubah karena seluruh dunia tengah mengalaminya," kata Tara dalam jumpa pers daring, Senin, 19 April 2021.

Baca Juga: Rasanya Jadi Suami Aurel Hermansyah, Atta Halilintar: Kadang Seneng Kadang Puyeng

"Menerima keadaan bukan berarti kita benar-benar pasrah. Hidup penuh dengan pilihan, coba lakukan sesuatu yang positif, yang bisa menaikkan mood kita lebih baik," tambahnya.

Sebagai informasi, Tara menyelesaikan program double degree untuk gelar Bachelor of Art in Psychology dari University of Queensland dan Universitas Indonesia. Ia mengatakan bahwa bahagia bisa berasal dari sesuatu yang sederhana.

Memulai kembali hobi lama atau baru, berkumpul secara virtual dengan kerabat, hingga berbagi dengan sesama di bulan Ramadhan merupakan hal-hal sederhana yang bisa membuat kita bahagia.

Baca Juga: Karyawan Korban PHK Bisa Dapat Bantuan Uang Tunai dari JKP: Catat Syarat dan Rinciannya

Tara menjelaskan, di otak kita terdapat memiliki mesolimbic system  yang bertanggung jawab terhadap bagian reward di otak. Secara keilmuan, berbagi, membantu, atau berbuat baik kepada sesama akan mengaktivaksi mesolimbic system tersebut.

"Jadi, saat kita berbuat baik, otak akan mengeluarkan perasaan feel good dan happy. Sama seperti mendapatkan reward yang kemudian akan mendorong seseorang untuk melakukan perbuatan baik berikutnya," ungkapnya.

Tara juga tak menafikan bahwa interaksi merupakan salah satu hal yang membuat manusia merasa bahagia. Sayangnya, di momen pandemi ini, kita harus lebih berhati-hati.

Baca Juga: Ngamuk! Riki Seret Elsa ke Apartemen, Nino Grebek dan Ancam Bercerai? Bocoran Ikatan Cinta 20 April 2021

Mengutip pernyataan Dr. Gary Chapman, Tara lantas memaparkan lima cara untuk menunjukkan rasa cinta dan berbagi kebahagiaan kepada sesama, di antaranya memberikan hadiah, lalu afirmasi berupa kata-kata positif, pujian, dan semangat.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x