Buntut Hujatan Netizen Indonesia, Pasangan Pernikahan Gay di Thailand Tuntut ke Jalur Hukum

- 14 April 2021, 10:39 WIB
Pasangan pernikahan gay di Thailand tuntut ke jalur hukum netizen Indonesia sebagai buntut dari hujatan di media sosial.
Pasangan pernikahan gay di Thailand tuntut ke jalur hukum netizen Indonesia sebagai buntut dari hujatan di media sosial. /Facebook/สุริยา เกิดแสง

BERITA DIY - Buntut dari penghujatan terhadap pernikahan gay asal Thailand oleh netizen Indonesia ialah  penempuhan jalur hukum oleh pasangan gay tersebut. Hal itu lantaran pasangan gay tersebut sempat medapatkan ancaman mati.

Dilansir Berita DIY dari Coconut pada Senin, 12 April 2021, salah satu mempelai gay bernama Suriya Koedsang akhirnya melaporkan insiden yang dialaminya itu ke Ronnarong Kaewpetch dari Network of Campaigning for Justice.

Menurut pengakuan Suriya, jalur hukum ini terpaksa ditempu olehnya lantaran adanya ancaman mati terhadap orangtua, suami, dan fotografer pernikahan mereka atas pernikahan gay mereka.

Baca Juga: Pendaftaran Politeknik Statistika STIS 2021, Lengkap dengan Alur Pendaftaran, Jadwal, dan Pelaksanaan Tes

Dari laporan yang diterimanya itu, Ronnarong lantas menyampaikan bahwa setiap orang Indonesia yang menuliskan komentar negatif kepada pasangan gay itu dilarang masuk ke Thailand.

Ronnarong Kaewpetch, seorang pengacara Jaringan Kampanye untuk Keadilan dalam Menangani masalah Publik, membela pasangan gay tersebut setelah mereka dibanjiri dengan penghinaan serta ancaman pembunuhan di media sosial.

“Orang Indonesia (yang melakukan penghujatan), jangan mengira kalian ada di sana, saya tidak bisa berbuat apa-apa. Setiap kalian memasuki Thailand, saya akan meminta polisi menunggu dengan surat perintah penangkapan terhadap kalian, "tulis Ronnarong.

Setelah foto pernikahan pasangan diunggah minggu lalu oleh salah satu calon pengantin pria, Suriya Koedsang, komentar mulai mengalir, yang mengarah ke 'perang' Thailand-Indonesia.

Mayoritas yang berkomentar mengatakan bahwa pernikahan mereka 'dilarang oleh Tuhan' dan 'Pernikahan mereka sebagai penyebab malapetaka di dunia'. Selain itu, netizen Indonesia menulisakan kata-kata kotor lainnya yang umum menjadi umpatan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x