Penyaluran BST Rp300 Ribu Berakhir April, Mensos Berikan Bansos Pengganti untuk Masyarakat yang Membutuhkan

- 3 April 2021, 10:21 WIB
ILUSTRASI: Bansos BST Rp300 ribu berakhir di bulan April, BPNT jadi pengganti untuk masyarakat yang masih membutuhkan pertolongan.
ILUSTRASI: Bansos BST Rp300 ribu berakhir di bulan April, BPNT jadi pengganti untuk masyarakat yang masih membutuhkan pertolongan. /ANTARA FOTO/Didik Suhartono/hp

BERITA DIY-Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp300 ribu yang cair setiap bulan sejak bulan Januari akan kembali cair dan berakhir di bulan April 2021 ini.

Namun bagi masyarakat yang masih membutuhkan pertolongan terkait kondisi ekonomi, akan dibantu dengan bantuan sosial (bansos) yang lain.

Dilansir dari ANTARANEWS, 31 Maret 2021, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengungkapkan jika tidak ada lagi anggaran untuk melanjutkan BST Rp300 ribu tersebut.

Baca Juga: Menkumham Tolak Demokrat Moeldoko, Max Sopacua Sebut Pemerintah Tak Ikut Campur Urus Internal Demokrat

Terlebih, BST Rp300 ribu tidak dilanjutkan karena saat ini kondisi pandemi Covid-19 telah bergerak ke skala mikro, di mana masyarakat saat ini, menurut Mensos Risma telah dapat beraktivitas kembali.

Bansos BST Rp300 ribu diberikan kepada KPM yang telah memenuhi syarat seperti kurang mampu, terdampak ekonomi, dan terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Bagi masyarakat yang telah memuhi syarat tersebut dan telah terdata oleh perangkat desa setempat, dapat melakukan cek secara online di link https://dtks.kemensos.go.id, dengan cara berikut:

Baca Juga: Bansos BST Rp 300 Ribu DKI Jakarta Cair Hari Ini, Begini Cara Cek dan Mekanisme Pencairannya

  1. Buka link https://dtks.kemensos.go.id
  2. Klik pada Cek Bansos di kiri atas
  3. Pilih Nomor ID yang akan dimasukkan
  4. Masukkan nomor ID dan nama sesuai KTP
  5. Klik kode verifikasi acak
  6. klik CARI

Apabila dinyatakan sebagai penerima, maka masyarakat akan memperoleh Surat Undangan Pencairan dana BST Rp300 ribu di Kantor POS terdekat.

Masyarakat penerima BST Rp300 ribu cukup membawa berkas seperti KK dan KTP untuk pencairan dana bansos sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x