Apa Itu April Mop? Berikut Sejarah dan Ciri-Cirinya, Ketahui agar Tidak tertipu!

- 1 April 2021, 17:05 WIB
1 April yang diperingati sebagai April Mop.
1 April yang diperingati sebagai April Mop. /Pixabay.com/Alexas_Fotos

BERITA DIY - Tanggal 1 April biasa diperingati sebagai hari April Mop, lantas apa si April Mop itu? Berikut penjelasan dan cara merayakannya. 

Dilansir dari berbagai sumber, April Mop adalah hari dimana sesorang bebas untuk berbohong dan mengerjai teman, kerabat, keluarga, kekasih, dan orang-orang terdekat.

Bagi orang-orang yang melestarikan budaya April Mop ini, seseorang yang dikerjai biasanya urung untuk marah karena mengetahui bahwa ini hanya perayaan April Mop.

Baca Juga: Terduga Teroris Zakiah Aini Sebut Pemilu, Pancasila, dan UUD Ajaran Kafir, Ernest: Buat Saya Merenung

Sejarah April Mop sendiri telah diilakukan sejak berabad-abad lalu dengan cara mengerjai atau menyampaikan lelucon pada teman. Meskipun begitu, asal-usul asli dari perayaan ini tidak diketahui secara pasti.

Seperti namanya, April Mop diperingati setiap tanggal 1 April. April Mop ini mirip dengan festival seperti Hilaria di Roma kuno, yang diadakan pada tanggal 25 Maret, dan perayaan Holi di India, yang berakhir pada tanggal 31 Maret.

Sebagian orang mempercayai bahwa perayaan April Mop berasal dari Perancis, secara resmi dengan Dekrit Roussillon (diundangkan pada Agustus 1564), di mana Charles IX memutuskan tahun baru tidak akan lagi dimulai pada bulan Paskah, melainkan 1 Januari. 

Karena Paskah adalah agenda tahunan, oleh karena itu tanggalnya bisa berbeda, mereka yang berpegang pada kalender lama dianggap sebagai orang-orang "April Mop".

Baca Juga: Staf Ahli Menkominfo Sebar Video Hoaks, Henry Subiakto: Saya Sengaja Bereksperimen

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x